menu
user
URguide

7 Cara Merawat Sepatu dengan Barang-barang di Rumah

Itha Prabandhani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Cara Merawat Sepatu dengan Barang-barang di Rumah
Image: ilustrasi merawat sepatu (Freepik/bearfotos)

Jakarta - Biar sepatu tetap awet dan selalu terlihat baru, kamu mesti rajin-rajin merawatnya, guys. Merawat sepatu sebenarnya gampang banget dilakukan, tapi butuh ketelatenan dan kesabaran.

Untuk merawat dengan benar, kamu perlu memperhatikan bahan sepatu kamu. Cara merawat yang salah akan membuat kerusakan pada sepatu, seperti warna yang kusam, bau tak sedap, hingga mengelupas.

Dilansir dari Brightside, yuk intip cara merawat sepatu biar tetep kece. Tenang aja, selain mudah dan praktis karena menggunakan barang-barang di rumah, cara ini juga low budget, loh!

1. Koran bekas

1613896864-koran---freepik-wavebreakmedia.jpgSumber: koran bekas (Freepik/wavebreakmedia)

Semir sepatu kamu lagi habis? Jangan khawatir! Pakai aja koran bekas. Kamu cukup meremas-remas dan gunakan untuk memoles sepatu hitammu. Kinclong lagi, deh!

2. Amplas

1613896912-amplas---freepik.jpgSumber: amplas (Freepik/Freepik)

Beberapa jenis sol sepatu akan licin jika dipakai terutama di lantai keramik. Untuk mengatasinya, ambillah sebuah amplas, lalu gosokkan pada sol sepatumu. Ini akan membuat bagian bawah sepatmu kesat dan lebih aman dipakai.

3. Teh Celup

1609996096-kompres-teh-hijau.jpgSumber: Ilustrasi kompres teh hijau (Freepik)

Sepatu bisa mengeluarkan bau tak sedap jika lembab. Ini akan membuat kaki kamu pun ikut bau dan pastinya bikin kamu merasa nggak pede, kan? Nah, untuk mengatasinya, letakkan sekantong teh celup di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Kamu juga bisa mengganti isi kantong dengan kopi bubuk untuk menyerap bau-bau tak sedap.

4. Tepung Terigu

1613897001-tepung---freepik-super.admiralko.jpgSumber: tepung terigu (Freepik/super.admiralko)

Buat sepatu berbahan suede, noda yang paling susah hilang adalah noda minyak. Untuk mengangkat minyaknya, kamu bisa menggunakan tepung terigu. Caranya gampang banget.

Cukup taruh tepung terigu di bagian yang terkena minyak dan biarkan semalaman. Bersihkan sisa tepung dengan sikat sepatu, dan noda minyak bakal terserap dan menghilang.

5. Tisu Toilet

1613897056-tisu-toilet---freepik.jpgSumber: tissue toilet (Freepik/Freepik)

Barusan cuci sepatu tapi cuaca nggak mendukung sehingga sepatumu nggak kering maksimal? Gunakan tisu toilet dan letakkan di bagian dalam sepatu hingga penuh. Biarkan semalaman hingga kelembapannya terserap sepenuhnya oleh tisu toilet.

6. Baking Soda

1613897108-baking-soda---freepik.jpgSumber: baking soda (Freepik/Freepik)

Sepatu putih kadang cukup sulit untuk dibersihkan. Tapi, kamu bisa gunakan baking soda untuk memutihkannya kembali, guys. Ambil 2 sdm baking soda dan campurkan dengan sedikit air sampai berbentuk seperti pasta.

Gosokkan pada sepatu dengan sikat gigi, lalu biarkan selama 1-2 jam. Lalu gunakan sikat sepatu atau lap bersih untuk menghilangkan sisa-sisa baking soda yang menempel.

7. Minyak Kelapa

1603764093-miyak-kelapa.jpgSumber: Minyak Kelapa (Freepik)

Sepatu kulitmu mesti dirawat dengan secara berkala agar tidak mengering dan kulitnya terlihat retak-retak. Kalau kamu nggak punya wax khusus untuk itu, kamu bisa gunakan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk menjaga elastisitas sepatu kulitmu. Gunakan minyak secukupnya lalu gosok dengan kain bersih. Ulangi prosesnya seminggu sekali.

Selamat mencoba, guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait