menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

7 Kelebihan Telegram yang Bikin 25 Juta Pengguna WhatsApp Kepincut

Afid Ahman,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Kelebihan Telegram yang Bikin 25 Juta Pengguna WhatsApp Kepincut
Image: Ilustrasi Telegram. (Dev Tutorial)

Jakarta - Kebijakan baru WhatsApp bikin banyak penggunanya hengkang ke Telegram. Setidaknya ada 25 juta pengguna baru dicatatkan layanan pesan besutan Pavel Durov itu.

Angka itu didapat setelah 72 jam setelah WhatsApp mengumumkan kebijakan privasi baru untuk penggunanya.

Merespons pencapaian tersebut, Durov makin jemawa. Dalam postingannya di channel Telegramnya, pria asal Rusia itu mengatakan aplikasinya kini punyai 500 juta pengguna aktif bulanan di minggu-minggu pertama Januari.

“Orang tidak lagi ingin menukar privasi mereka dengan layanan gratis,” tulis Durov.

Telegram memang menjadi pilihan utama pengguna WhatsApp saat memutuskan hengkang. Setidaknya ada 7 kelebihan yang ditawarkan, yakni:

1. Keamanan lebih baik

Banyak ahli keamanan yang menilai Telegram lebih baik ketimbang WhatsApp. Keduanya memang punya kemampuan enkripsi end—to-end, tapi Telegram punya Secret Chat.

Memungkinkan pengguna dapat mengirimkan pesan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Saat sudah mencapai waktu tersebut, nantinya pesan akan terhapus secara otomatis.

2. Penyimpanan Cloud

Telegram punya layanan penyimpanan Cloud untuk memyimpan pesan teks, gambar, video, dokumen dan file lainnya. Keuntungannya kita dapat bebas login kesejumlah perangkat secara bersamaan tanpa perlu kehilangan data.

Hanya saja layanan cloud tidak unlimited alias ada batasannya. Telegram memberikan ruang 1,5 GB untuk tiap file. 

3. Kirim File Besar

Pengguna bisa memilih sendiri file dengan ukuran asli atau memilih untuk mengkompres ukuran file yang akan dikirim.

Kemampuan ini tidak dipunyai WhatsApp. Sebab mereka mengompres file foto dan video secara otomatis ketika hendak dikirim.

4. Grup Besar

WhatsApp hanya menampung 256 anggota. Lantas berapa Telegram?

Jangan kaget, Telegram memungkinkan pengguna bikin grup dengan anggota mencapai 200.000 orang. Sejauh ini mereka yang terbanyak.

5. Edit Pesan

Telegram memungkinkan kita mengedit pesan yang sudah terkirim. Sementara di WhatsApp, kita tidak dapat membenarkan typo yang terlanjut terkirim.

6. Menyediakan Channel

Telegram punya fitur channel. Fungsinya memungkinkan sang pemilik channel mengirimkan update berita, foto maupun video ke para pengikutnya di channel tersebut.

7. Bikin Stiker

Pengguna Telegram bebas membuat sticker sendiri tanpa harus ada aplikasi pihak ketiga. Sehingga kita lebih banyak mengirimkan sticker saat digunakan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait