beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

7 Makna 'Tersembunyi' di Balik Logo HUT RI ke-77

Nivita Saldyni,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Makna 'Tersembunyi' di Balik Logo HUT RI ke-77
Image: Desain logo HUT RI ke-77. (Istimewa)

Jakarta - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) merilis logo peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Logo ini digunakan dalam peringatan yang mengangkat tema besar 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'. 

Kemensetneg membagikan informasi mengenai logo HUT ke-77 RI itu melalui akun Instagram resminya pada Senin (11/7/2022). Dalam postingan itu, logo dan tema besar HUT ke-77 RI tampil berwarna putih dengan latar berwarna merah. 

Dikutip dari 'Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia', ternyata logo ini punya filosofi yang kuat loh. Kemensetneg mencatat ada tujuh makna tersembunyi di balik angka 77 itu. Berikut tujuh makna dalam 77 yang merupakan logo HUT RI:

1. Percepatan dan Pergerakan

Logo ini dibentuk dari dua angka tujuh yang menyerupai dua panah yang mengarah ke atas. Nah bentuk ini melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat, Guys. 

2. Progres dan Pembangunan

Kemudian pada bagian atasnya, tampak dua garis lurus yang membentuk seperti dua anak tangga yang mengarah ke atas. Nah dua anak tangga ini melambangkan progress dan pembangunan dari seluruh sektor di Indonesia.

3. Demokrasi dan Keterbukaan

Masih di bagian atas, Urbanreaders akan melihat angka 7 yang tidak utuh dan terpotong. Potongan ini ternyata melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

1657802826-penjabaran-logo.jpgSumber: (Kemensetneg)

4. Semangat Juang dan Garuda Pancasila

Nah kalau Urbanreaders perhatikan, di bagian atas juga terdapat garis miring dan sudut runcing. Ternyata bentuk ini terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, loh. Bentuk ini digunakan untuk melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Sinergi dan Harapan

Beranjak ke bagian tubuh, logo Hari Kemerdekaan ini disusun dari dua garis melengkung. Bentuk ini ternyata menggambarkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, Indonesia Maju, Urbanreaders. 

6. Penghubung antar Bangsa

Pada logo ini, Urbanreaders juga akan melihat sudut penghubung yang menyatukan dua angka tujuh. Nah sudut penghubung ini melambangkan peran Indonesia pada forum G20 yang mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

7. Persatuan Indonesia

Terakhir, Urbanreaders akan mendapati siluet angka satu diantara dua angka tujuh di logo tersebut. Nah siluet angka satu ini melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika yang jadi semboyan bangsa kita.

Nah itu dia Urbanreaders tujuh makna di balik 77 logo HUT RI tahun ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait