Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Kintan Lestari,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan
Image: Ilustrasi lidah buaya. (Freepik)

Jakarta - Bahan-bahan di alam bisa membantu untuk mempercantik diri, salah satunya aloe vera atau lidah buaya. Ada beragam manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

Sebab di dalam tanaman tropis ini terdapat kandungan yang baik untuk kulit. Maka tak heran, lidah buaya sering digunakan sebagai bahan untuk membuat produk skincare.

Lidah buaya mengandung banyak vitamin, di antaranya vitamin B, B12, dan E. Tanaman ini juga punya kandungan asam folat, mineral, antioksidan, dan antiinflamasi.

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan bisa didapatkan dengan mengoleskan dagingnya secara langsung ke kulit atau dengan menggunakan produk skincare berbahan dasar aloe vera. Adapun manfaat lidah buaya untuk kulit sebagai berikut:

1. Melembapkan Kulit 

1627177468-tips-jaga-kulit---freepik.jpgSumber: Musim dan cuaca apapun, kulit harus tetap lembap (Freepik)

Tanaman lidah buaya menyimpan banyak air. Kemampuannya ini membantu tanaman tersebut akan tetap tumbuh meski di cuaca panas sekalipun. Saat dipakaikan ke kulit, air dalam gel lidah buaya akan membantu melembapkan kulitmu. 

2. Mencegah Tanda Penuaan

1605588851-ilustrasi-penuaan-dini.jpgSumber: Ilustrasi tanda penuaan. (Freepik)

Garis halus dan kerutan akan muncul seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Kondisi tersebut memang tak dapat dihindari, namun bisa dicegah sehingga munculnya belakangan. Salah satu caranya ya dengan lidah buaya.

Lidah buaya akan melembapkan kulit sehingga elastisitas kulit tetap terjaga. Maka dari itu tanaman ini bisa mencegah munculnya tanda penuaan dini. 

3. Meredakan Psoriaris

1632387799-psoriaris.jpgSumber: Psoriaris. (Pixabay/milesz)

Beberapa orang mengalami yang namanya psoriaris, yaitu kondisi peradangan kulit berupa munculnya ruam merah atau sisik pada kulit yang disertai rasa gatal di area peradangan. Kondisi ini terjadi karena gangguan sistem kekebalan pada tubuh.

Nah, lidah buaya bisa membantu untuk mengurangi rasa gatal karena kondisi kulit tersebut. Sebab di dalam tanaman ini terkandung sifat antibakteri dan antiradang. 

4. Menyamarkan Garis Stretch Mark

1613288768-hamil.jpgSumber: Ilustrasi ibu hamil. (Freepik/serhii_bobyk)

Stretch mark merupakan kondisi yang umum dialami perempuan setelah melahirkan. Lidah buaya yang kaya akan kandungan antioksidan, kolagen, dan enzim ini bisa membantu untuk menyamarkan garis stretch mark.

5. Pengobatan Jerawat

1625198025-lawan-jerawat-dengan-vitamin---freepik-beststudio.jpgSumber: Ilustrasi jerawat (Freepik/beststudio)

Dengan kandungan antiinflamasi, lidah buaya bisa loh untuk mengobati jerawat. Caranya ya cukup oleskan lidah buaya ke kulit yang bermasalah. 

6. Menyembuhkan Luka

1616136298-luka.jpgSumber: Ilustrasi luka. (Freepik/shayne_ch13)

Luka bagi sebagian orang menganggu penampilan. Nah, bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka adalah aloe vera. Di dalam tanaman ini terkandung kalsium dan antioksidan yang mana mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) yang dapat memperkuat jaringan kulit.

7. Menyamarkan Flek Hitam

1613438029-flek-hitam---freepik-spukkato.jpgSumber: Ilustrasi flek hitam. (Freepik/spukkato)

Buat yang bermasalah dengan flek hitam, kamu bisa coba atasi dengan lidah buaya. Tumbuhan ini punya kandungan vitamin C yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Lalu ada juga kandungan antioksidan yang bagus untuk memproduksi kolagen sehingga mencegah pigmentasi pada kulit. 

Nah, itu dia beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikanmu. Tapi perlu diingat ya, meski berasal dari bahan alami, kamu tetap perlu melakukan tes patch terlebih dulu untuk mengetahui apakah lidah buaya cocok untuk kulitmu atau tidak. 

Karena meski berasal dari bahan alami, belum tentu kulitmu bisa menerima zat-zat yang terkandung di dalamnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait