beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

7 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng, Pesona Musim Dingin di Jawa

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng, Pesona Musim Dingin di Jawa
Image: Kawasan Dataran Tinggi Dieng (Foto: Instagram/telagawarnadieng)

Wonosobo – Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu destinasi wisata di Wonosobo, Jawa Tengah yang menyuguhkan keindahan alam begitu memukau.

Selain itu, lokasinya yang berada di ketinggian lebih dari 2000 mdpl ini memiliki suhu udara yang sangat dingin hingga mencapai titik 5 – 10 derajat celcius. Bahkan suhunya pernah mencapai titik 0 ataupun minus loh Urbanreaders. Terbayang kan dinginnya seperti apa?

Karena itulah Dieng kerap dikelilingi embun es serta salju tipis nih. Menarik bukan? Buat kamu yang ingin berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng, jangan lupa mampir ke tujuh tempat wisata berikut ini ya!

1. Bukit Sikunir

1656583071-Bukit-Sikunir.jpgSumber: Bukit Sikunir di Dieng (Foto: Instagram/wisatadieng_id)

Buat kamu yang ingin melihat cantiknya panorama matahari terbit, Bukit Sikunir menjadi pilihan destinasi yang tepat nih, Urbanreaders. 

Tempat wisata yang terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo ini berada di ketinggian 2.300 mdpl. Meskipun terbilang tinggi, para wisatawan tak perlu khawatir jika ingin mendaki. Sebab, petugas di sana sudah menyediakan tangga untuk memudahkan para pengunjung.

Untuk harga tiket masuknya, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang, dan jika membawa kendaraan pribadi, maka kamu perlu mengeluarkan uang parkir sebesar Rp 15.000. 

2. Telaga Warna

1656583186-Telaga-warna.jpgSumber: Telaga Warna (Foto: Instagram/telagawarnadieng)

Telaga warna merupakan sebuah danau yang ada di Dataran Tinggi Dieng dan dikelilingi oleh perbukitan. Disini kamu bisa berjalan-jalan santai sambil menikmati keindahan danau sekaligus mengabadikan momen nih. 

Dinamakan Telaga Warna sebab danau ini memiliki keunikan tersendiri loh, yakni warnanya yang bisa berubah-ubah menjadi merah, kuning, hijau dsb. Fenomena ini disebabkan oleh kandungan sulfur yang ada di dalamnya.

Kamu bisa berkunjung kesini setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 15.000, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang begitu cantik. 

3. Gunung Prau

1656583244-Gunung-Prau.jpgSumber: Pemandangan Gunung Prau (Foto: Instagram/prau_mountain)

Gunung yang satu ini menjadi salah satu lokasi favorit bagi sejumlah orang untuk melakukan pendakian nih, Urbanreaders. Berada di ketinggian sekitar 2.565 mdpl, Gunung Prau menawarkan panorama Gunung Sindoro-Sumbing yang mempesona.

Selain itu, tempat ini dinilai memiliki spot terbaik untuk melihat matahari terbit atau sunrise loh. Buat kamu yang tertarik untuk mendaki Gunung Prau, kamu bisa melewati empat jalur, yakni Patak Banteng, Kalilembu, Igirmranak, dan Dwarawati.

Saat ke sini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Jika membawa kendaraan, maka pengeluarannya ditambah dengan biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait