menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

7 Tayangan di Netflix yang Diangkat dari Buku Populer

Kintan Lestari,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Tayangan di Netflix yang Diangkat dari Buku Populer
Image: The Witcher. (Netflix)

Jakarta - Urbanreaders, siapa nih yang sering nonton serial-serial atau film di Netflix?

Kalian tahu nggak kalau beberapa tayangan di platform tersebut diangkat dari buku popular loh, baru kemudian dijadikan versi serial.

Penasaran serial dan film apa saja yang terinspirasi dari buku terkenal? Berikut rekomendasinya!

1. Shadow and Bone

1619671141-ShadowandBone.jpgSumber: Shadow and Bone. (Netflix)

Serial yang belum lama tayang ini rupanya diadaptasi dari koleksi novel terlaris Grishaverse karya Leigh Bardugo dengan judul yang sama.

Serial delapan episode ini merupakan kombinasi dari trilogi 'Shadow and Bone' dan sekuel 'Six of Crows'. 

Jadi Bardugo berkolaborasi dengan sang showrunner Eric Heisserer untuk membuat jalan cerita baru dari karakter-karakter utama 'Six of Crows'. 

Selain menyoroti pahlawan wanita muda yang baru menyadari kekuatannya, versi serialnya juga akan memperlihatkan sekelompok penjahat karismatik yang berpacu dengan waktu untuk melakukan aksi pencurian besar-besaran. 

2. Lupin

1619671193-Lupin.jpgSumber: Lupin. (Netflix)

Kalau serial yang satu ini bukan sutradara yang mengadaptasi, melainkan sang karakter utama 'Lupin' yaitu Assane Diop (Omar Sy).

Jadi buku asli Arsène Lupin karya Maurice Leblanc justru jadi inspirasi Assane. Ia ingin mencontoh Lupin yang jadi pencuri dan ahli penyamaran demi membalas dendam ayahnya yang meninggal setelah dituduh melakukan kejahatan yang tidak dilakukannya 25 tahun yang lalu.

Buku Arsène Lupin diperkenalkan pertama kali pada tahun 1905, dan telah dikisahkan dalam 17 novel dan 39 novel pendek oleh Leblanc.

Karya Leblanc juga telah menginspirasi sejumlah buku dari penulis lain, serta film, serial TV, pementasan, adaptasi komik, bahkan video game.

Aksi Assane akan berlanjut di 'Lupin Part 2' yang akan tayang tahun ini.

3. The Queen’s Gambit

1619671218-The-Queens-Gambit.jpgSumber: The Queen's Gambit. (Netflix)

'The Queen’s Gambit' diangkat dari novel tahun 1983 karya Walter Tevis yang memperlihatkan arti pengorbanan dari sebuah kejeniusan. 

Novelnya mengisahkan tentang Beth Harmon, seorang anak yatim piatu yang menemukan bakat luar biasa dalam catur. Seiring kesuksesannya di turnamen catur di seluruh negeri, Beth pun harus berjuang untuk mengatasi ketergantungannya terhadap obat-obatan. 

Kesuksesan serial ini tidak hanya berkontribusi pada meroketnya penjualan set catur, tetapi juga mengantarkan novel klasik tersebut menduduki peringkat ketiga di daftar Buku Terlaris New York Times pada November 2020, dan bertahan dalam peringkat sepuluh teratas selama sebelas minggu.

4. Bridgerton

1619671264-BRIDGERTON.jpgSumber: Bridgerton. (Netflix)

'Bridgerton' diangkat dari delapan novel karya Julia Quinn yang masing-masing berfokus pada Bridgerton Bersaudara. 

Popularnya serial ini di Netflix membuat buku novelnya ikut meroket. Empat bukunya masuk ke dalam daftar Buku Terlaris New York Times, dengan 'The Duke dan I', buku yang menjadi dasar musim pertama, bertahan di posisi pertama selama empat minggu. 

5. The Witcher

1616483311-The-Witcher-Season-2.jpgSumber: Henry Cavill sebagai Geralt di serial 'The Witcher'. (Netflix)

Mungkin banyak yang mengira 'The Witcher' berangkat dari video game, tapi sebenarnya serial tersebut merupakan adaptasi novel karya Andrzej Sapkowski berjudul sama.

'The Witcher' adalah rangkaian enam novel dan 15 cerita pendek yang fokus pada sosok Geralt dari Rivia, seorang Witcher atau pemburu monster yang punya kemampuan supernatural. 

Musim pertama serial ini dibuat berdasarkan cerita  pendek 'The Last Wish dan Sword of Destiny' yang mengambil latar sebelum cerita utama Witcher dimulai. 

Kini, Geralt akan kembali dengan musim kedua. Penggemar serial ini juga dapat menantikan film animasi 'The Witcher: Nightmare of the Wolf' dan prekuel live action The Witcher: Blood Origins' yang akan segera hadir di Netflix.

6. Geez & Ann

1611910158-geez-ann-netflix.jpgSumber: Hanggini Purinda Retto dan Junior Roberts di film 'Geez & Ann'. (YouTube Netflix Asia)

Film Indonesia ini diangkat dari cerita watpadd karya Rintik Sedu, yang kemudian dibukukan dan jadi novel best-seller.

Filmnya mengisahkan perjalanan Ann (Hanggini Purinda Retto) dan Geez (Junior Roberts), sepasang anak muda yang mengalami jatuh cinta dan menemukan arti dari sebuah komitmen. 

Menyadari bahwa cinta tak selalu berjalan lancar, Ann harus menghadapi serangkaian peristiwa yang menuntunnya pada kebohongan, pertentangan keluarga, dan hubungan jarak jauh. 

7. The White Tiger

1619671280-The-White-Tiger.jpgSumber: The White Tiger. (Netflix)

'The White Tiger' diadaptasi dari novel terlaris New York Times dan pemenang penghargaan Man Booker Prize 2008, yang berjudul sama.

Filmnya mengisahkan perjalanan Balram Halwai (Adarsh Gourav), seorang warga desa yang miskin namun bangkit menjadi seorang pengusaha sukses di India yang modern.

Lihai dan ambisius, Balram memulai kisahnya sebagai supir untuk pasangan kaya-raya Ashok (Rajkummar Rao) dan Pinky (Priyanka Chopra Jonas) yang baru kembali dari Amerika. Meski awalnya bertekad untuk membahagiakan sang majikan, Balram segera menyadari bahwa mereka tidak akan segan mengkhianati kesetiaannya. 

Setelah hampir kehilangan segalanya, Balram mencoba melawan sistem yang rusak dan tidak adil tersebut agar dapat bangkit menjadi seorang penguasa baru. 

Nah, itu dia Urbanreaders serial dan film Netflix yang diadaptasi dari buku popular. Dari daftar di atas, mana nih yang sudah kamu tonton?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait