menu
user
URnews

ACT Luncurkan Gerakan Sedekah Pangan Nasional, Relawan Siaga 24 Jam

Anisa Kurniasih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
ACT Luncurkan Gerakan Sedekah Pangan Nasional, Relawan Siaga 24 Jam
Image: Peluncuran Gerakan Sedekah Pangan Nasional, di Gunung Putri, Bogor, pada Selasa (23/2/2021). (tangkapan layar Zoom)

Bogor - Pandemi COVID-19 di Indonesia yang tak berkesudahan berdampak pada berbagai sektor. Banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan membuat mereka sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya termasuk soal pangan.

Hal tersebut membuat Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) tak tinggal diam dan ikut bergerak dengan meluncurkan ‘Gerakan Sedekah Pangan Nasional’. Program tersebut memiliki tujuan  untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan pangan, sekaligus mendorong ketahanan pangan nasional di masa pandemi.

 ACT juga menyiagakan relawan, humanity bikers, hingga puluhan armada yang siap mengantarkan kebutuhan pangan ke masyarakat secara cepat, dalam waktu kurang dari tiga jam.

"24 jam relawan disiagakan. Karena makan tidak bisa menunggu besok pagi. Jam 10 malam menelepon kita, nggak bisa menunggu habis subuh baru diantarkan," ujar presiden ACT, Ibnu Khadjar, dalam acara Peluncuran Gerakan Sedekah Pangan Nasional, di Gunung Putri, Bogor, pada Selasa (23/2/2021).

 Ibnu Khadjar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan Wakaf Distribution Center (WDC) yang tersebar di sejumlah daerah, seperti di Gunung Putri, Gunung Sindur, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan lainnya. 

"Mereka tidak menuntut ada rumah, kendaraan. Yang mereka tuntut cuma satu, kebutuhan pangan mereka dibantu dipenuhi. Gerakan Sedekah Pangan Nasional ini akan kita gaungkan. Di semua provinsi diaktivasi WDC, kita bersyukur 100 kantor cabang ACT sudah mengaktivasi WDC skala kecil untuk distribusi pada level kota/kabupaten," kata Ibnu.

Ia menambahkan, WDC yang berlokasi di Gunung Putri sendiri akan menjadi gudang utama dengan fokus distribusi ke area Jawa Barat, DKI Jakarta, hingga Banten.

Armada yang akan diberangkatkan dalam program Gerakan Sedekah Pangan Nasional ini meliputi food truck, rice truck, dan water truck. Sebanyak 25 food truck akan bergerak, di mana setiap food truck mampu mengirimkan makanan siap saji kepada 1 juta penerima manfaat.

Nantinya, rice truck akan mengantarkan beras, dan water truck akan mengirimkan air minum wakaf gratis bagi yang membutuhkan.

Terkait sistem pendistribusian pangan, Head of WDC Pungki M Kusuma  menjelaskan ada dua tahap yakni tahap pertama ACT akan mendata secara rinci penerima manfaat lewat jaringan cabang yang tersebut di berbagai daerah. Kemudian, data akan diverifikasi sesuai dengan prasyarat sebelum pangan bisa didistribusikan.

lalu cara kedua, yakni melalui humanity careline. Masyarakat dapat menghubungi layanan telepon bebas pulsa di 0800 1165 228. Kemudian, pihak ACT akan mendata kembali dan segera mendistribusikan pangan lewat unit distribusi di masing-masing daerah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait