beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

AKSI Perempuan, Terobosan untuk Dukung Wanita di Dunia Bisnis

Izzah Putri Jurianto,
25 Agustus 2022 15.40.59 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
AKSI Perempuan, Terobosan untuk Dukung Wanita di Dunia Bisnis
Image: Ilustrasi business woman. (Freepik/tirachardz)

Jakarta - Brand agregator Tjufoo menggalang sebuah event dalam rangka mendukung women empowerment di dunia bisnis melalui gerakan Akselerasi Bisnis (AKSI) Perempuan. Tjufoo adalah brand aggregator pertama di Indonesia yang fokus dalam membangun bisnis dan pasar dalam negeri. 

Dalam AKSI ini, Tjufoo turut menggalang Stellar Women sebagai mitra pelaksana. AKSI akan membuka kesempatan para perempuan Indonesia yang sedang merintis bisnis. Tak hanya itu, AKSI juga menjanjikan sejumlah hadiah berupa pendanaan dan support senilai miliaran rupiah bagi beberapa bisnis yang terpilih.

Co-Founder & Chief Executive Officer Tjufoo, TJ Tham mengatakan, Tjufoo berkomitmen penuh mendukung perempuan dalam memimpin bisnisnya agar terus bertumbuh, berkembang, dan berkelanjutan. Hal ini selaras dengan prinsip Indonesia First, agar pertumbuhan Indonesia terjadi secara menyeluruh dan berkelanjutan di berbagai aspek, termasuk terciptanya salah satu area fokus dalam Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu Pekerjaan yang Layak dan Kesetaraan Gender.

"Harapannya, AKSI Perempuan ini bisa menjadi wadah interaksi sekaligus inspirasi bagi para businesswoman untuk menumbuhkan bisnisnya secara berkelanjutan," kata TJ Tham dalam siaran pers yang diterima Urbanasia, Kamis (25/8/2022).

Menurut data terakhir dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia pada tahun 2021, 53.67% UMKM di Indonesia dibangun oleh perempuan. Terbukti bahwa perempuan punya potensi yang tinggi untuk berkontribusi terhadap rantai perekonomian di Indonesia. Sayangnya, pebisnis perempuan masih menemui banyak hambatan dalam menjalankan bisnis, seperti dari aspek modal, pengembangan keterampilan, tata kelola perusahaan, dan pemasaran.

Sementara itu, Samira Shihab selaku Co-Founder Stellar Women menjelaskan, pihaknya sangat memahami bahwa perempuan menghadapi banyak hambatan dalam menjalankan bisnis. Selain modal, perempuan juga menghadapi peran di keluarga, stigma dan tekanan sosial, dan  minimnya akses terhadap informasi dan relasi yang dibutuhkan. 

"Stellar Women antusias untuk berkolaborasi dengan Tjufoo dalam memberikan kesempatan yang luas bagi para perempuan dalam menemukan lebih banyak peluang bisnis di luar sana. Semoga inisiatif ini dapat menginspirasi banyak perempuan untuk lebih berani dalam memulai bisnis," kata Samira.

AKSI Perempuan yang merupakan kolaborasi antara Tjufoo dan Stellar Women menetapkan empat target yang ingin dicapai, yaitu:

 1. Memperkuat fundamental bisnis melalui pembenahan terkait performa keuangan, kemampuan operasional untuk produksi massal, serta infrastruktur yang mendukung

2. Membentuk skalabilitas yang jelas, setiap peserta diharapkan mampu mengukur peluang pasar untuk menjual solusi dan memberi dampak positif

3. Menentukan tujuan jelas untuk proses identifikasi merek melalui serangkaian metrik guna memastikan business goals terpenuhi secara maksimal

4. Merancang strategi bisnis yang kuat untuk menjawab tantangan atas gelombang perubahan besar dari waktu ke waktu, mencakup kemampuan pemasaran, wawasan atas industri yang digeluti, serta kemampuan menyesuaikan kebutuhan bisnis

Tahap pertama AKSI Perempuan berlangsung pada 24 Agustus hingga 22 September 2022. Para peserta yang terpilih akan mengikuti bootcamp selama dua hari, via online maupun hadir langsung di kantor Tjufoo untuk menghadiri kelas-kelas peluang dari berbagai ahli terkait. Setelah pelatihan dan support berkala selama tiga bulan, akan dipilih 10 usaha terbaik yang akan menerima pendampingan lebih lanjut dari Tjufoo dan Stellar Women dalam membawa bisnisnya ke level lebih tinggi.

Selama empat pekan, kesepuluh bisnis terpilih akan diberikan panduan komprehensif dalam proses inkubasi bisnis oleh mentor. Selanjutnya, mereka akan diminta bersiap untuk sesi Demo Day, yakni mempresentasikan masing-masing bisnis di hadapan juri untuk mendapatkan peluang tiga slot dana investasi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait