Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Aneh dan Unik! Ablutophobia, Fobia yang Bikin Orang Takut Mandi

Itha Prabandhani,
hampir 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Aneh dan Unik! Ablutophobia, Fobia yang Bikin Orang Takut Mandi
Image: ablutophobia. (istimewa)

Jakarta - Urbanreaders mungkin sudah sering mendengar fobia terhadap ketinggian, ruang sempit atau binatang tertentu. Tapi, fobia terhadap aktivitas mandi? Kok bisa ya, guys?

Meskipun terdengar aneh dan tidak biasa, ketakutan terhadap aktivitas mandi ternyata ada loh, guys. Secara psikologis, hal ini disebut dengan ablutophobia. Ablutophobia adalah ketakutan yang terus-menerus dan tak bisa dikendalikan terhadap aktivitas mandi, mencuci muka, atau membersihkan tubuh.

Konon, cewek lebih sering mengalami gangguan ini ketimbang cowok loh, guys. Ablutophobia juga biasanya terjadi pada anak kecil, namun pelan-pelan akan menghilang seiring perkembangan dirinya.

Biasanya, para penderita ablutophobia tahu bahwa ketakutan mereka tidak masuk akal. Namun, mereka merasa kesulitan untuk mengatasinya dan memilih untuk menghindari hal yang membuat mereka takut.

Penyebab Ablutophobia

Penyebab ablutophobia belum dapat diketahui dengan pasti, guys. Namun, penyebab umum dari fobia ini biasanya adalah salah satu dari tiga hal berikut:

1. Trauma Masa Lalu
Pengalaman buruk di masa lalu seperti mengalami kejadian buruk saat mandi, cuci muka, atau membersihkan badan, dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan ini.

2. Faktor Keturunan
Jika salah seorang dari orang tua kamu memiliki gangguan ini, maka besar kemungkinan bahwa kamu juga akan mengalaminya.

3. Gangguan Fungsi Otak
Gangguan fungsi otak akibat kecelakaan, cedera, atau hal lain, juga dapat berpotensi menyebabkan munculnya gangguan ini, guys.

Gejala Ablutophobia

Di saat penderita harus berhadapan dengan air dan melakukan aktivitas mandi atau membersihkan diri, ada beberapa gejala yang akan tampak, yaitu merasakan ketakutan, kecemasan, panik, berkeringat, jantung berdetak kencang, atau sulit bernafas.

Pada anak-anak, biasanya ketakutan ini akan muncul dalam sikap tantrum, menangis, atau menjauh dari sumber ketakutannya.

Risiko Ablutophobia

Penderita ablutophobia akan mengalami kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang lain, mengalami masalah kebersihan badan, dan terisolasi secara sosial.

Pada anak-anak, gangguan ini dapat membuat anak mengalami bullying dari teman-teman sebayanya.

Selain itu, rasa kesepian akibat dikucilkan dari pergaulan sosial dapat menimbulkan masalah baru yaitu penggunaan obat-obatan terlarang atau mengonsumsi alkohol. Duh!

Cara Mengatasi Ablutophobia

Ablutophobia seringkali diabaikan begitu saja oleh penderitanya karena merasa bahwa tidak ada obatnya. Namun, sebenarnya ada perawatan untuk mengatasi gangguan ini, yaitu melalui psikoterapi, konsumsi obat-obatan penenang, dan juga perubahan pola hidup.

Psikoterapi adalah perawatan yang menggunakan terapi pemaparan di mana penderita akan dihadapkan dengan fobia itu sendiri yaitu mandi. Lalu, ia akan dibimbing untuk mengelola perasaan dan kecemasannya, hingga perasaan takutnya menghilang.

Selain itu, meditasi, yoga, dan latihan pernapasan dipercaya dapat membantu mengurangi stress dan meringankan rasa takut terhadap aktivitas mandi.(*)

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait