menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Anies Baswedan Uji Coba Akses Sepeda Non-lipat di MRT Jakarta

Anisa Kurniasih,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Anies Baswedan Uji Coba Akses Sepeda Non-lipat di MRT Jakarta
Image: Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan pun melakukan uji coba fasilitas akses sepeda non-lipat di MRT Jakarta (MRT Jakarta)

Jakarta - PT MRT Jakarta (Perseroda) kini menyediakan akses sepeda non-lipat. Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan pun melakukan uji coba fasilitas tersebut hari ini. 

Bersepeda dari kediamannya, Anies tiba di Stasiun Lebak Bulus Grab sekitar pukul 06.30 WIB ditemani oleh Wakil Gubernur Achmad Riza Patria, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

Rombongan pun disambut langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William Sabandar, serta Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda), Muhammad Effendi. 

Selama berada di Stasiun Lebak Bulus Grab, Anies terlihat antusias dan berdiskusi dengan direksi terkait fitur baru yang baru diterapkan per 24 Maret tersebut. 

Rombongan kemudian menggunakan ratangga tujuan Stasiun Bundaran HI pukul 06.44 WIB. Sesampainya di Stasiun Bundaran HI, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Balaikota Provinsi DKI Jakarta dengan bersepeda. 

“Pagi ini, Gubernur mencanangkan pelaksanaan kegiatan pemberian akses sepeda nonlipat di MRT Jakarta. Kita melakukannya di tiga stasiun, yaitu Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Bundaran HI,” ungkap William dalam keterangan resminya, Rabu (24/3/2021).

Ia menuturkan, ada beberapa masukan yang diberikan oleh gubernur seperti menambah rambu petunjuk (signage), tempat antre, dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Secara keseluruhan beliau merasa puas dengan fasilitas ini dan beliau menghimbau agar dalam pelaksanaannya dapat melibatkan saran dari publik serta terus melakukan peningkatan kenyamanan para pengguna MRT Jakarta ” lanjut William.

William juga menyebutkan bahwa penyediaan fasilitas ini telah melalui kajian yang dalam dan melibatkan sejumlah pihak terkait seperti komunitas Bike to Work dan ITDP. 

Akses sepeda non-lipat yang dihadirkan PT MRT Jakarta hadir di tiga stasiun, yaitu Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Bundaran HI. Di setiap stasiun tersebut juga disediakan fasilitas parkir sementara di sejumlah titik seperti sekitar mesin penjual tiket (ticket vending machine), toilet, dan musala. 

Meski demikian, pengguna sepeda non-lipat hanya boleh menggunakan MRT Jakarta di luar jam sibuk (07.00—09.00 dan 17.00—19.00), menggunakan kereta nomor enam di setiap rangkaian, serta maksimal empat sepeda per keberangkatan. 

Nah, demi menunjang kenyamanan penumpang dalam menggunakan fasilitas sepeda non-lipat, MRT Jakarta juga menyediakan jalur sepeda yang terletak pada tangga stasiun dan stiker tanda pada stasiun dan kereta. 

Adapun kebijakan sepeda non-lipat ini telah melalui berbagai tahap uji coba yang dilakukan sebelumnya untuk memastikan jaminan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pelanggan MRT Jakarta. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait