menu
user
URguide

6 Tips untuk Kamu yang Ingin Bersepeda ke Tempat Kerja

Nivita Saldyni,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Tips untuk Kamu yang Ingin Bersepeda ke Tempat Kerja
Image: Ilustrasi bersepeda. (Pinterest/gearpatrol.com)

Jakarta - Pandemi COVID-19 menuntut kita untuk tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Selain makan makanan yang bergizi, olahraga jadi salah satu cara yang tepat dilakukan.

Nah bagi penggemar sepeda, bike to work atau bersepeda ke tempat kerja jadi salah satu hal yang bisa dilakukan. Apalagi kalau dilakukan bersama beberapa rekan kerja, bike to work pasti jadi lebih seru.

Namun untuk Urbanreaders yang baru akan memulainya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan nih.

Berikut enam tips bersepeda ke tempat kerja yang telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber.

1. Cek kondisi sepeda secara rutin

1615910944-cek-kondisi-sepeda-freepik.jpgSumber: Mengecek kondisi sepeda sebelum berangkat (Freepik/Freepik)

Sebelum berangkat kerja menggunakan sepeda, ada baiknya kamu memeriksa kondisi sepedamu.

Mulai dari tekanan ban sampai operan gigi harus dipastikan dalam kondisi baik dan bekerja dengan benar.

Pemeriksaan ini harus dilakukan secara rutin, bahkan saat kamu tak menggunakan sepeda untuk ke kantor juga tetap harus diperhatikan nih, guys.

Sehingga kondisi sepeda kamu tetap baik dan siap digunakan kapan saja.

2. Kenali rute yang dilewati dan pertimbangkan waktu tempuhnya

Dengan menggunakan sepeda untuk ke kantor, ada kemungkinan jalan yang harus dilalui sedikit berbeda saat kamu menggunakan kendaraan bermotor.

Jadi pastikan dulu nih, kamu mengambil rute yang aman untuk pesepeda. Kenali dulu rutenya sehingga kamu bisa mengatur perjalanan dengan baik agar tak terlampat sampai di tempat tujuan. Kamu juga bisa gunakan bantuan aplikasi maps untuk mendapat rute terdekat.

Namun yang tak boleh dilupakan adalah pastikan untuk berangkat lebih awal. Dengan begitu kamu tak perlu kelelahan karena harus ngebut.

Bersepedalah dengan santai dan tetap perhatikan keamanan di jalan.

3. Siapkan alat pelindung tambahan

1615910998-alat-pelindung-tambahan-bersepeda.jpgSumber: Alat pelindung tambahan saat bersepeda (Freepik/pch.vector)

Saat bersepeda ke kantor, kamu butuh alat-alat pelindung untuk mencegah kecelakaan.

Mulai dari helm, pelindung siku dan lutut, sarung tangan, kacamata, dan juga sepatu yang tepat. Pastikan alat-alat ini selalu kamu gunakan agar perjalanan nyaman dan aman.

4. Minimalisir barang bawaan

1615911029-minimalisir-barang-bawaan-saat-bersepeda---freepik-drobotdean.jpgSumber: Ilustrasi bersepeda ke kantor. (Freepik/drobotdean)

Saat bersepeda ke kantor, ada baiknya tak terlalu banyak membawa barang bawaan. Pilih barang-barang apa saja yang aman disimpan di kantor, sehingga beban kamu tak terlalu berat.

Misalnya hanya membawa laptop hanya saat dibutuhkan. Sehingga saat harus membawanya, pastikan menggunakan tas khusus dengan ruang penyimpanan laptop agar tetap aman dalam perjalanan.

5. Bawa bekal makanan dan minuman secukupnya

Kalau Urbanreaders tak sempat sarapan, mungkin bisa saja mampir ke warung makan untuk sarapan atau ngopi. Tapi karena kondisi pandemi seperti sekarang ini, ada baiknya membawa bekal sendiri dari rumah.

Kamu bisa membawa bekal makanan dan minuman dari rumah secukupnya untuk berjaga-jaga apabila lapar atau haus di tengah perjalanan, guys.

6. Bawa baju ganti dan mandi di kantor

Bersepeda tentu membuat kamu berkeringat, untuk menghindari bau badan tak sedap setelah bersepeda, ada baiknya kamu membawa baju ganti dan mandi di kantor.

Tapi kalau tak ada fasilitas yabg memadai, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan tisu basah yang dilengkapi dengan antiseptik.

Atau kamu bisa membawa handuk kecil, lalu basahi untuk mengganti tisu basah. Kamu juga butuh sabun muka dan bedak tubuh untuk membantu tubuh lebih nyaman sebelum beraktivitas di kantor usai bersepeda. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait