Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Antibodi Sinovac Menurun, Kemenkes Buka Opsi Vaksinasi Ketiga

Kintan Lestari,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Antibodi Sinovac Menurun, Kemenkes Buka Opsi Vaksinasi Ketiga
Image: Ilustrasi vaksinasi. (Dok: Alodokter)

Jakarta - Tenaga kesehatan (nakes) Indonesia akan diberikan suntikkan dosis ketiga vaksin corona. Pemberian vaksin ketiga pada nakes sebagai booster untuk meningkatkan kembali antibodi.

Terkait vaksin ketiga, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menggunakan vaksin Moderna. Dan saat ini vaksin sudah didistribusikan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi.

"Sudah mulai distribusi vaksin saat ini ke dinkes provinsi," kata juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi melalui pesan singkat kepada Urbanasia, Kamis (29/7/2021).

Terkait penelitian Cina yang mengungkap kalau efek vaksin Sinovac akan menurun setelah 6 bulan, Nadia membenarkan hal itu. Namun, ia menyatakan kalau vaksin Sinovac masih efektif.

"Memang ada penurunan, tapi vaksin ini masih efektif untuk situasi pandemi saat ini," pungkasnya.

Untuk pemberian dosis ketiga vaksin Sinovac, Nadia mengungkap Kemenkes berencana merealisasikan hal tersebut tahun depan. 

Saat ini pihak Kemenkes sedang fokus untuk memberi vaksin booster Moderna bagi nakes.

"Memang ada kebijakan pemberian vaksinasi ketiga karena dalam keadaaan darurat melihat resiko keterpaparan nakes yang besar. Ini proteksi tambahan garda terdepan," katanya lagi.

Kemenkes sudah mulai pemberian dosis ketiga Moderna pada nakes sejak Jumat (16/7/2021) lalu.

Penyuntikan vaksinasi dimulai di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) dengan diikuti sebanyak 50 Guru Besar FKUI dan sejumlah dokter.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait