beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Apa Aja Sih Manfaat Serum Bulu Mata untuk Kecantikan?

Kintan Lestari,
24 November 2022 09.45.16 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apa Aja Sih Manfaat Serum Bulu Mata untuk Kecantikan?
Image: Ilustrasi serum bulu mata. (Freepik/MrDm)

Jakarta - Ada banyak produk untuk menunjang penampilan perempuan, termasuk tampilan bulu mata. Terkait bulu mata, perempuan biasanya ingin punya bulu mata yang lentik. Biasanya solusinya adalah dengan memakai maskara. Tapi kan pakai maskara nggak baik ya setiap hari.

Belakangan ini muncul yang namanya serum bulu mata (lash serum). Produk satu ini disebut-sebut dapat menguatkan, menebalkan, dan bahkan memanjangkan bulu mata. Tapi apa benar demikian?

Dokter kulit bersertifikat di MDCS Dermatology Marisa Garshick mengungkap fungsi serum tersebut.

"Serum bulu mata adalah perawatan bulu mata topikal yang berfungsi untuk memperkuat, menutrisi, dan mengondisikan bulu mata," kata Garshick seperti dilansir Glamour, Jumat (18/11/2022).

“Dengan meningkatkan kesehatan rambut alis, serum juga dapat membantu membuatnya tidak mudah patah, dan membuat rambut tampak lebih tebal dan sehat,” katanya lagi. 

Adapun kemampuan produk tersebut untuk memperkuat bulu mata karena di dalamnya terdapat kandungan utama seperti peptide.

"Beberapa bahan utama yang sering ditemukan dalam serum bulu mata di pasaran termasuk peptida dan asam amino, minyak biji jarak, dan vitamin, seperti vitamin E," kata ahli kimia kosmetik dan ilmuwan riset NakedPoppy, Marisa Plescia.

“Peptida kurang lebih merupakan 'pahlawan' dalam serum bulu mata ini. Mereka dapat membantu mengaktifkan produksi keratin untuk menghasilkan bulu mata yang lebih tebal dan tampak lebih sehat, dan melalui mekanisme biologis rumit lainnya, dapat membantu melindungi folikel rambut dan mencegah kerontokan rambut,” sambungnya lagi.

Dengan demikian, bisa dibilang klaim untuk menebalkan, menyehatkan, atau memperkuat benar adanya. Lalu bagaimana dengan klaim untuk membuat bulu mata lebih panjang?

“Serum bulu mata yang kamu temukan di rak-rak toko dan online dianggap untuk 'penggunaan kosmetik', dan oleh karena itu tidak boleh membuat klaim tentang benar-benar menyebabkan pertumbuhan rambut,” kata Plescia.

Meski demikian, secara keseluruhan produk ini aman digunakan karena sudah melalui tes. Hanya saja untuk klaimnya belum tentu benar berpengaruh padamu. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait