beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Apa Itu AFK dalam Game Online? Ini Artinya

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apa Itu AFK dalam Game Online? Ini Artinya
Image: Ilustrasi main game online. (Pixabay/Bokskapet)

Jakarta - Di tengah hype game online seperti Mobile Legend, sering banget pasti kalian mendengar istilah AFK. Apa itu AFK? Biar nggak kepo lagi, simak serba-serbi AFK, dari singkatan AFK sampai tips supaya pemain tidak kena AFK di bawah ini!

Apa Itu AFK dalam Game Online?

Di dalam game online sering kali pemain (player) menyebut AFK. Mengutip dari Cambdrige Dictionary, rupanya kepanjangan AFK adalah Away From Keyboard. Istilah ini digunakan para pemain ketika berhenti mengambil bagian dalam diskusi di ruang obrolan untuk waktu yang singkat.

Jadi kalau ada player yang bilang AFK, artinya player tersebut lagi meninggalkan komputer atau perangkatnya dan untuk sementara tidak dapat membalas pesan. Atau bisa juga berarti kalau dia telah offline sepenuhnya.

Ini Penyebab Pemain Kena AFK

Ada beberapa hal yang menyebabkan seorang pemain AFK. Contohnya seperti yang sudah disinggung tadi, player tersebut lagi meninggalkan komputer untuk sementara waktu. Tapi bisa juga seorang pemain AFK karena penyebab lain.

Berikut beberapa penyebab pemain game online AFK:

1. Ada Urusan Mendadak

Ketika masih sekolah atau di tempat kerja, kita pasti akan meninggalkan tempat kalau ada urusan mendadak. Begitu juga ketika main game online. Biasanya pemain akan AFK ketika mereka ada urusan mendadak .

2. Ada Gangguan Internet

Namanya game online sudah pasti kita butuh internet untuk memainkannya. Tapi tak jarang koneksi internet kita bermasalah. Hal itu sudah tentu mengganggu permainan dalam game. Nah, ketika koneksi internet bermasalah, player juga sering melakukan AFK.

3. Dapat Tim yang Noob

Tidak jarang sebuah game online membutuhkan kerjasama tim untuk mencapai kemenangan. Maka dari itu, perlu banget player yang jago. Tapi keinginan kadang nggak sesuai harapan. Buktinya ya kamu mendapat tim yang noob. Dalam dunia game, noob itu berarti player yang baru mulai main atau belum jago.

Nah, rekan tim yang noob ini pasti menghambat upaya untuk mencapai kemenangan. Makanya, nggak jarang seorang player melakukan AFK karena mendapat tim yang noob.

Baca Juga: Tips Main Game Online Lancar di Smartphone

1645082534-Bermain-game-online-(Freepik-Rawpixel.com).jpegSumber: Bermain game online (Freepik/Rawpixel.com)

4. Game Crash

Selain koneksi internet, sering juga terjadi kendala akibat game itu sendiri. Misalnya ketika main game tiba-tiba layar freeze atau muncul tulisan 'stopped working'. Penyebab game crash bisa beragam, seperti spek komputer atau ponsel yang tidak mumpuni untuk menjalankan game online tersebut sampai karena virus. Kondisi semacam ini juga sering bikin player pilih AFK daripada kesal sendiri menunggu.

5. Tim yang Bawel

Player noob sudah pasti belum jago kan. Tapi karena rekan setim nggak sabaran, akhirnya si player noob ini jadi terus diomelin. Hampir semua orang pasti nggak suka dibawelin kan, nah ini juga bisa bikin seorang player memilih AFK.

6. Nggak Dapat Hero yang Diinginkan

Alasan lain kenapa player AFK bisa jadi karena dia tidak dapat hero yang diinginkannya, baik karena diambil pemain lain atau karena di banned. Ketika ini terjadi, seorang pemain bisa langsung AFK.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait