Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Apa Itu Bitcoin? Keistimewaan dan Cara Kerjanya

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apa Itu Bitcoin? Keistimewaan dan Cara Kerjanya
Image: Ilustrasi bitcoin(Freepik/Freepik)

Jakarta - Belakangan ini bitcoin tengah jadi tren. Tapi masih banyak yang belum paham apa itu bitcoin? Dan kenapa sih bisa berharga? 

Melansir situs Investopedia, bitcoin (biasa disingkat BTC) adalah mata uang digital pertama yang menggunakan teknologi peer-to-peer untuk memfasilitasi pembayaran instan. 

Pemiliknya bisa mengirimkan mata uang ini lewat internet. Jadi tidak diterbitkan atau didukung oleh bank atau pemerintah mana pun.

Bitcoin dioperasikan oleh otoritas yang terdesentralisasi atau yang dikenal sebagai blockchain. FYI, blockchain adalah sistem teknologi untuk mencatat atau menyimpan transaksi digital yang mana terhubung lewat kriptografi. Singkatnya blockchain adalah dompet mata uang digital.

Meski hype baru-baru ini, mata uang digital ini sebenarnya sudah lama ada. Pertama kali bitcoin muncul adalah tahun 2008 oleh sosok dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Setahun setelahnya, versi pertama dari perangkat lunak bitcoin diumumkan ke milis Kriptografi.

Pada Januari 2009, terjadi transaksi pertama antara Nakamoto dan pengguna awal bitcoin. Sementara transaksi di dunia nyata penggunaan bitcoin terjadi tahun 2010 saat seorang miners membeli dua pizza dari Papa John's di Florida seharga 10.000 bitcoin.

Setiap tahun terus terjadi perkembangan pada mata uang digital itu. Nilai bitcoin melonjak pada 2013, dari yang mulanya satu koinnya berharga USD 100 sebulan kemudian harganya menjadi USD 1.000. Tapi beberapa bulan setelahnya nilai mata uang tersebut anjlok.

Baru pada 2018 nilai bitcoin mulai naik lagi. Hingga akhirnya booming pada tahun 2020 dan jadi hype sampai sekarang.

Baca Juga: Harga Bitcoin hingga Dogecoin Anjlok, Ini Penyebabnya!

1612920231-bitcoin-freepik.jpgSumber: Ilustrasi bitcoin(Freepik/Freepik)

Cara Kerja

Untuk cara kerjanya, mula-mula kamu perlu menginstal wallet Bitcoin di komputer atau ponsel. Setelahnya buat alamat bitcoin milikmu dan selesai prosesnya.

Dengan bitcoin kamu bisa melakukan transaksi pada umumnya, seperti membeli sesuatu atau transfer. Nantinya semua transaksi dan sisa uang milikmu akan tercatat di blockchain.

Lalu apa keistimewaan bitcoin? Adakah kekurangan mata uang digital ini? Simak penjelasannya berikut ini!

Keistimewaan Bitcoin

  • Bisa transfer langsung ke orang yang dituju via internet, tanpa harus melewati bank atau clearing house.
  • Karena menggunakan internet maka biaya transaksinya lebih kecil
  • Bisa digunakan di negara manapun
  • Akun tidak bisa dibekukan
  • Tidak ada prasyarat atau batas arbitrase

Kekurangan Bitcoin

  • Fluktuasi yang tinggi
  • Bahaya diretas
  • Tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah

Nah, itu dia Urbanreaders penjelasan soal bitcoin. Kalau kamu mau berinvestasi di mata uang digital ini, pelajari sebaik-baiknya dulu ya pengertian, istilah, sampai risikonya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait