beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Apa Itu Modem? Berikut Fungsi, Jenis, dan Bedanya dengan Router

Suci Nabila Azzahra,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apa Itu Modem? Berikut Fungsi, Jenis, dan Bedanya dengan Router
Image: Ilustrasi - Modem. (Pixabay)

Jakarta - Selama bekerja dari rumah atau WFH, kamu tentu membutuhkan modem untuk menghubungkan kamu ke internet dan selalu online. Modem pun memiliki peran yang sangat penting agar kamu tetap dapat bekerja tanpa hambatan.

Pada kesempatan kali ini, Urbanasia akan jelasin secara lengkap tentang modem. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak uraiannya di bawah ini!

Apa Itu Modem?

Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Dengan kata lain, modem pada dasarnya memiliki dua peranan. Peranan pertama adalah mengubah sinyal digital ke sinyal analog yang merupakan fungsi modulator. 

Sedangkan yang kedua, menerima sinyal dan memprosesnya sebagai informasi yang dapat dibaca pada perangkat pengguna yang menjadi fungsi demodulator. Jadi, modem adalah alat penghubung dari jaringan LAN ke jaringan internet.

Fungsi Modem

Secara umum, fungsi modem adalah sebagai hardware atau perangkat keras yang berguna untuk mengubah komunikasi 2 arah yaitu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Fungsi modem lainnya yaitu :

  • Alat pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog
  • Menghubungkan perangkat dalam jaringan
  • Melakukan kegiatan modulasi dan demodulasi
  • Melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi
  • Melakukan kompres data yang dikirimkan melalui sinyal

Jenis-jenis Modem

Modem memiliki berbagai jenis, mulai dari modem eksternal, internal, ISDN, hingga GSM. Nah berikut jenis-jenis modem beserta penjelasannya:

Modem Eksternal

Modem eksternal adalah sebuah alat yang digunakan untuk komputer agar dapat mengakses internet di mana data yang berasal dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog.

Sehingga jika modem menerima data yang berupa sinyal analog akan diubah menjadi sinyal digital kemudian akan diproses lebih kanjut oleh komputer. Sinyal analog ini dapat dikirimkan menggunakan media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Modem Internal

Jika data tersebut sudah tiba pada modem yang dituju kemudian sinyal analog ini akan diubah kembali menjadi sinyal digital dan langsung dikirimkan ke komputer.

Modem ISDN

Modem ISDN berasal dari singkatan Integrated Services Digital Network adalah sebuah sistem telekomunikasi yang terdapat dalam layanan berupa data, suara, atau gambar yang akan diintegrasikan ke dalam suatu jaringan. Nah jaringan ini menyediakan konektivitas digital dari ujung ke ujung untuk menunjang ruang lingkup pelayanan yang luas.

Modem GSM

Modem GSM adalah jenis modem yang menggunakan telepon seluler sebagai media sistem untuk transfer data. Modem GSM biasanya didukung dengan penggunaan kartu koneksi yang mendukung provider yang memiliki sifat GSM.

Modem Analog

Seperti namanya fungsi dari modem analog ini adalah sebagai alat untuk membentuk sinyal analog kemudian mengubahnya menjadi sinyal digital

Modem ADSL

Modem ADSL berasal dari singkatan Asymetric Digital Subscribe Line merupakan alat untuk mengakses internet dan menggunakan telepon analog secara bersamaan. Cara penggunaannya dibantu menggunakan alat penghubung yang disebut Splitter. 

Adapun fungsi splitter pada ADSL adalah untuk menghilangkan gangguan sehingga hasilnya dapat berjalan secara bersamaan, yakni dapat menggunakan internet dan juga dapat menggunakan telepon biasa. Tapi tidak saling bertabrakan.

Modem Kabel

Modem kabel adalah jenis modem yang digunakan untuk menerima data secara langsung dari suatu penyedia layanan melalui TV Kabel.

Wireless modem

Wireless atau dalam bahasa Indonesia disebut nirkabel, adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. 

Cara kerja wireless modem: data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel) dengan frekuensi tertentu.

Modem CDMA

Modem CDMA adalah jenis modem yang menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Bahkan modem CDMA yang terbaru saat ini sudah menggunakan frekuensi EVDO Rev-A atau setara 3G dan yang paling terbaru bahkan sedang berkembang adalah modem CDMA dengan frekuensi EVDO Rev-B.

Perbedaan Modem dan Router

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait