Jakarta - Apple mengumumkan telah menghapus sementara akun Epic Games di App Store. Keputusan ini keluar di tengah perang hukum terkait pedoman pembayaran dalam aplikasi serta tuduhan monopoli.

Dengan dihapusnya akun Epic, berarti pengguna iPhone tidak akan dapat download Fortnite atau game lainnya yang dibesut Epic Games yang ada di App Store.

Pemain yang telah mengunduh game Epic Games masih dapat bermain. Hanya saja mereka tidak dapat lagi melakukan pembelian dalam aplikasi dengan sistem pembayaran Apple, termasuk juga update Season 4 bertema Marvel.

Pun begitu Apple memastikan tidak dapat menutup akun pengembang Epic untuk Unreal Engine.

"Kami kecewa karena kami harus menghentikan akun Epic Games di App Store," kata Apple dalam keterangan resminya. 

“Kami telah bekerja dengan tim di Epic Games selama bertahun-tahun pada peluncuran dan rilis mereka. Pengadilan merekomendasikan agar Epic mematuhi pedoman App Store sementara kasus mereka berlanjut, pedoman yang telah mereka ikuti selama dekade terakhir sampai mereka menciptakan situasi ini. Epic telah menolak."

Pada awal pekan ini, pengadilan federal memutuskan bahwa Apple dapat memblokir game Epic Games dari toko aplikasinya, namun tidak dapat mengambil tindakan yang membahayakan Unreal Engine, sementara gugatan antimonopoli Epic terhadap pembuat iPhone itu diselesaikan.  

Apple menarik Epic dari App Store setelah pembuat game tersebut menerapkan fitur yang memungkinkan pengguna iPhone melakukan pembelian di dalam aplikasi secara langsung, ketimbang menggunakan sistem pembelian dalam aplikasi Apple, yang membebankan komisi 30 persen.

Apple mengatakan akan mengizinkan "Fortnite" kembali ke toko aplikasi App Store jika Epic Games menghapus fitur pembayaran langsung tersebut. Namun, Epic menolak, mengatakan bahwa mematuhi permintaan Apple akan "berkolusi dengan Apple untuk mempertahankan monopoli mereka atas pembayaran dalam aplikasi di iOS."

Komentar
paper plane