beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Apple Sebut Mac Rentan Disusupi Malware

Afid Ahman,
12 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apple Sebut Mac Rentan Disusupi Malware
Image: ilustrasi Malware Mac (Pemmzchannel)

Jakarta - Selama ini perangkat Mac dianggap perangkat paling aman dibandingkan Windows. Tapi nyatanya sistem operasi macOS rentan disusupi malware.

Hal tersebut diungkap langsung oleh Head of Software Apple, Craig Federighi, dalam persidangan Epic Games vs Apple belum lama ini.

Dia membeberkan penyebab kenapa sistem operasi komputer tersebut bisa begitu rentan. Tak lain karena Apple membiarkan pengguna menginstal aplikasi dari luar App Store.

Ini berbeda dengan sistem operasi mobile mereka, iOS. Karena itu iPhone disebutnya punya standar keamanan yang lebih tinggi sehingga dapat melindungi pengguna lebih baik lagi.

"Tingkat malware di Mac yang kami anggap tidak dapat diterima dan itu jauh lebih buruk daripada iOS," kata Craig.

Saat ini ada 130 jenis malware yang menargetkan macOS hanya dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Beberapa diantaranya sukses menyerang perangkat Mac.

Adapun perbedaan iPhone dan Mac inilah menjadi sorotan, karena Epic Games berusaha memaksa Apple untuk mengizinkannya memasang toko aplikasi alternatif di iPhone layaknya di komputer Mac.

Epic Games berpendapat Apple dapat dengan mudah menerapkan kebijakan instalasi software di Mac dan mekanisme sekuriti serupa di iPhone.

Namun Apple punya alasan kuat kenapa tidak melakukan itu. Raksasa teknologi asal Cupertino itu mengatakan proses review yang ketat dan aturan di App Store-lah yang membuat keamanan pengguna iPhone terjaga dengan baik.

"Untuk iOS, kami bercita-cita untuk membuat sesuatu yang jauh lebih aman. Semua indikasi menunjukkan bahwa kami berhasil melakukannya," ujar Craig

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait