menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Waduh! Mac dan iPad Bakal Jadi Barang Langka

Afid Ahman,
3 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Waduh! Mac dan iPad Bakal Jadi Barang Langka
Image: CEO Apple Tim Cook. (Antara/Reuters)

Jakarta - Perangkat Mac dan iPad bakal sulit ditemukan di pasaran dalam beberapa waktu ke depan. Ini tidak lain karena krisis pasokan semikonduktor yang melanda dunia.

Demikian diungkap CEO Apple Tim Cook dalam laporan keuangan Apple di kuartal kedua 2021. 

"Kelangkaan ini utamanya mempengaruhi iPad dan Mac. Kami memprediksi kelangkaan ini (cenderung) berasal dari pasokan komponen, bukan tingginya permintaan (iPad dan Mac)," kata Cook.

Cook masih belum memastikkan kapan krisis ini akan selesai. Pihaknya masih menunggu updaya dari para pelaku industri selama beberapa bulan ke depan.

"Kami dapat menangani permintaan dengan baik, tetapi apa yang dilakukan orang lain, saya tidak tahu. Kami akan melakukan yang terbaik, itulah yang dapat saya katakan kepada anda," ujar Cook.

Lebih lanjut dijelaskan masalah utama yang tengah dihadapi perusahaan adalah chip yang masih menggunakan metode manufaktur node lama. Sebab proses tersebut diklaim lebih menguntungkan dibanding yang metode yang baru.

Karena itu berbagai macam industri masih mempertahankan metode lama. Tak hanya komputer, termasuk pula otomotif hingga game.

"Yang menjadi masalah bagi kami adalah melisensikan proses manufaktur legacy nodes. Tidak hanya di industri yang sama, pemain di industri lain yang menggunakan proses manufaktur ini juga mengalami hal serupa," pungkas Cook.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait