beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Apple Watch Bisa Jadi Dompet dan Kunci Digital

Afid Ahman,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apple Watch Bisa Jadi Dompet dan Kunci Digital
Image: Apple Watch/August

Jakarta - Apple Watch tidak hanya sebagai penunjuk jam dan pemantau kesehatan. Jam pintar ini bakal berfungsi sebagai dompet dan kunci digital.

Kemampuan baru ini diketahui dari pembaruan watchOS 8 versi beta publik yang baru saja dirilis.

Setelah terintall watchOS 8, Apple Watch dapat menampilkan ID card digital. Selain itu kemampuan membuka dan mengunci dari pintu hingga mobil.

“Ini adalah semacam visi kami untuk mengganti dompet fisik, di mana anda memiliki semua yang dibutuhkan lewat perangkat di pergelangan tangan anda," kata Deidre Caldbeck, Director Product Marketing Apple Watch.

Apple sendiri telah memperkenalkan aplikasi Wallet di jam pintarnya pada 2105 lalu. Pengguna dapat menambahkan kartu kredit mereka di aplikasi Wallet yang terhubung dengan iPhone. 

Alhasil pengguna bisa langsung membayar transaksi nirkabel melalui Apple Watch. Jadi tidak perlu mengeluarkan ponsel maupun kartu fisik.

Dan saat menunjukkan SIM, Apple Watch akan menampilkan informasi seperti nama, usia, alamat, dan informasi lainnya berdasarkan apa yang harus ditunjukkan. Cara kerjanya akan mirip seperti Apple Pay.

"Tentu saja kami lebih awal dalam menambahkan ID card ke perangkat," ujar Kevin Lynch, VP of Technology Apple.

Akan tetapi, pengguna juga mesti memerlukan beberapa fitur pendukung seperti near-field communication (NFC) dan Ultra Wideband (UWB). Kedua fitur ini telah tersedia di Apple Watch series 6 atau yang terbaru.

WatchOS 8 beta public saat ini sudah tersedia. Diharapkan versi final dapat dirilis pada akhir musim gugur mendatang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait