Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Arti dan Bedanya Husnul Khatimah dengan Khusnul Khatimah

Kintan Lestari,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Arti dan Bedanya Husnul Khatimah dengan Khusnul Khatimah
Image: Ilustrasi makam. (Freepik/wirestock)

Jakarta - Banyak umat muslim yang berharap meninggal dunia dalam keadaan husnul khatimah. Apa sih itu? Husnul khatimah atau حسن الخاتمة artinya akhir yang baik.

Kalimat tersebut berasal dari bahasa Arab حسن yang berarti baik dan الخاتمة yang berarti penutup, penghabisan, bagian akhir. 

Husnul khatimah bak harga mati bagi umat yang ingin masuk surga. Maka dari itu, umat Islam perlu mengupayakan husnul khatimah dengan cara selalu bertakwa pada Allah SWT. Hal itu diperintahkan Allah SWT lewat surat Ali Imran ayat 102, yang bunyinya:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰتِهٖ وَلَا تَمُوۡتُنَّ اِلَّا وَاَنۡـتُمۡ مُّسۡلِمُوۡنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim."

Namun untuk meraih husnul khatimah tentu saja tidak mudah. Selama hidup kita tentu saja mendapat godaan-godaan dari setan yang membuat iman kita goyah.

Perbedaan Husnul Khatimah dan Khusnul Khatimah 

Sempat ada perdebatan soal penulisan kalimat ini dalam bahasa Indonesia. Ada yang menuliskan husnul khatimah, ada juga yang menulis khusnul khatimah.

Rupanya dua kalimat itu berbeda loh, Urbanreaders. Husnul khatimah atau حسن الخاتمة artinya akhir yang baik, sementara khusnul khatimah atau خسن الخاتمة artinya akhir yang hina. 

Jadi kalau kamu mendoakan sahabatmu yang meninggal, ucapkan 'husnul khatimah' ya, jangan 'khusnul khatimah'. Karena kalau kamu mendoakan dengan mengucapkan khusnul khatimah, artinya kamu mendoakan mendiang sahabatmu itu yang buruk.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait