Hot News

Jakarta - Setelah menginstal iOS 14, banyak pengguna iPhone mendapati kemunculan titik hijau dan oranye di bagian atas layar, tepatnya di samping kanan notch. Apa sih itu?

Tenang guys itu bukanlah bug, tapi fitur  baru yang disematkan Apple pada iOS 14. Meskipun muncul di sebelah sinyal seluler dan indikator status Wi-Fi,  tidak ada hubungannya dengan konektivitas jaringan.

Titik tersebuti merupakan indikator informasi guna melindungi privasi kamu. Ini seperti diterapkan di MacBooks dan iMacs, hanya saja Apple menyematkan LED hijau fisik yang berada di samping webcam. 

Saat kamera diakses, lampu LED menyala untuk memberi tahu  bahwa aplikasi di sistem kamu sedang mengakses kamera. iPhone dan iPad tidak memiliki LED fisik sehingga Apple telah mensimulasikan pengalaman tersebut secara digital.

Saat melihat titik hijau, itu artinya ada aplikasi yang secara aktif menggunakan kamera iPhone kamu. Tapi tidak hanya warna hijau yang ditampilkan, ada warna oranye yang mengindikasikan ada aplikasi mengkases mikrofon iPhone.

"Sebuah indikator muncul di bagian atas layar kamu setiap kali aplikasi menggunakan mikrofon atau kamera," terang Apple. "Dan di Control Center, kamu dapat melihat apakah aplikasi telah menggunakannya baru-baru ini."

Jadi artinya guys, jika kamu melihat titik hijau tetapi tidak mengetahui aplikasi apa pun yang membutuhkan kamera, mungkin ada aplikasi yang secara diam-diam mengakses kamera untuk memata-matai.

Untuk mengetahui aplikasi apa itu, kamu tinggal buka Control Center, di sana akan ditunjukan aplikasi mana yang baru saja mengakses kamera.

Jika kamu menemukan aplikasi yang menyalahgunakan kamera, kamu dapat mencabut izin kameranya di bagian Settings. Ini guna memastikan hal itu tidak terjadi lagi bilamana tidak ingin menghapus aplikasi sepenuhnya.

Komentar

Loading ..