Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Artis Vicky Zhao 'Dihilangkan' Pemerintah Cina, Sempat Kabur ke Prancis

Deandra Salsabila,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Artis Vicky Zhao 'Dihilangkan' Pemerintah Cina, Sempat Kabur ke Prancis
Image: Potret Vicky Zhao (Instagram @zhaoweiofficial)

Jakarta - Berbagai platform streaming video di Cina menghapus seluruh arsip mereka terkait artis Vicky Zhao. Jejaknya dihapus dari internet karena perintah dari National Radio and Television Administration (NRTA), regulator hiburan yang dikelola pemerintah Tiongkok.

Mengutip Fortune, Kamis (2/9/2021), sejauh ini belum diketahui apa latar belakang penghapusan seluruh jejak Vicky Zhao dari internet. Namun, pihak berwenang terus melancarkan tindakan keras terhadap berbagai hal terkait dengan Vicky Zhao, mulai dari raksasa teknologi hingga fan club artis tersebut.

Penghapusan seluruh konten film dan serial TV artis ini sudah dilakukan oleh platform streaming Tencent Video hingga iQiYi. Keduanya adalah platform streaming terbesar di Cina.

Tak hanya itu, platform streaming juga menghapus konten yang di dalamnya terdapat nama Vicky Zhao sebagai sutradara atau produser. Situs jejaring sosial Weibo pun ikut menghapus seluruh page tentang Vicky Zhao.

Menurut Global Times, NRTA tidak memberitahu alasan mengapa Vicky Zhao jadi sasaran penghapusan. Namun, kementerian hanya menginstruksikan platform untuk segera menghapus konten dan karya Vicky Zhao.

Pengguna internet Tiongkok pun berspekulasi mengenai alasan pemerintah meminta jejak Vicky Zhao dihapus. Menurut mereka, sejarah transaksi bisnis kontroversial Vicky Zhao dan hubungan dekatnya dengan Alibaba jadi alasan.

Melansir Hollywood Reporter, Kamis (2/9/2021) sempat muncul kabar bahwa Zhao sudah terbang dengan pesawat pribadinya keluar Cina dan terdeteksi mendarat di Bandara Bordeaux, Prancis.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait