Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Jokowi: Kesadaran, Partisipasi dan Gotong Royong Menguat Selama Pandemi

Nivita Saldyni,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jokowi: Kesadaran, Partisipasi dan Gotong Royong Menguat Selama Pandemi
Image: Presiden Jokowi saat memberikan Pidato Kenegaraan. Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kesadaran, partisipasi, dan kegotongroyongan masyarakat menguat dalam 1,5 tahun selama pandemi COVID-19 melanda. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin (16/8/2021).

“Selama satu setengah tahun diterpa pandemi, telah terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku dan infrastruktur kesehatan kita dan sekaligus penguatan kelembagaan nasional kita. Kesadaran, partisipasi, dan kegotongroyongan masyarakat menguat luar biasa,” kata Jokowi.

Selain itu, kelembagaan pemerintahan lintas sektor dan lintas lembaga negara, serta hubungan antara pusat dan daerah sampai dengan desa, juga mengalami konsolidasi. Hal ini, kata Jokowi, membuat kapasitas sektor kesehatan meningkat pesat dan semakin mampu menghadapi ketidakpastiaan yang tinggi di tengah pandemi ini. 

“Dari sisi masyarakat, kesadaran terhadap kesehatan semakin tinggi. Kebiasaan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, telah menjadi kesadaran baru. Gaya hidup sehat, menjaga kebersihan lingkungan, berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi terasa semakin membudaya,” ungkapnya.

“Hal ini merupakan modal besar untuk menuju masyarakat yang lebih sehat dan dalam pengembangan SDM yang berkualitas,” pungkasnya.

Seperti yang Urbanasia beritakan sebelumnya, Jokowi akan menyampaikan Pidato Kenegaraan Presiden RI sebanyak dua kali dalam agenda tahunan ini. Pertama, ia menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI pukul 08.30 WIB.

Kemudian, Jokowi juga akan menyampaikan Pidato Presiden Republik Indonesia dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah Atas RUU APBN Tahun Anggaran 2022 Beserta Nota Keuangannya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2021-2022 pukul 10.30 WIB.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait