Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

AS Juara Umum, Joe Biden Puji Keberhasilan Olimpiade Tokyo 2020

Alwin Jalliyani,
6 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
AS Juara Umum, Joe Biden Puji Keberhasilan Olimpiade Tokyo 2020
Image: Joe Bidan dalam konferensi pers di gedung putih. (Twitter/WhiteHouse)

Washington - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, memuji keberhasilan Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, dalam penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 dan penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya. 

Keterangan ini disampaikan Gedung Putih pada Senin (9/8/2021). Menurut keterangan tersebut, Biden juga memberikan dukungan dari Amerika Serikat (AS) untuk Jepang sebagai tuan rumah Paralimpiade, yang dimulai pada 24 Agustus 2021.

"Presiden Biden memuji kinerja semua atlet AS dan menyoroti keberhasilan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo. Serta mengapresiasi protokol kesehatan yang diterapkan sehingga atlet bisa bertanding maksimal," kata Gedung Putih, mengutip Reuters, Selasa (10/8/2020).

Terlebih, Olimpiade Tokyo 2020 dilaksanakan ketika kota tuan rumah dalam keadaan darurat COVID-19 dan harus dilaksanakan tanpa penonton.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, bertemu dengan penasihat keamanan nasional Jepang, Takeo Akiba, di Washington pada Senin (9/8/2021).

Keduanya menekankan pentingnya Aliansi AS-Jepang untuk mempertahankan Indo-Pasifik yang inklusif, bebas, dan terbuka. Pernyataan tersebut disampaikan Departemen Luar Negeri AS secara terpisah.

Ditambahkan juga bahwa keduanya berjanji untuk menjaga kebebasan navigasi, penerbangan, dan penggunaan laut lainnya yang sah di sekitar Laut Cina Selatan.

"Blinken dan Akiba juga menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan mencatat pentingnya kerjasama trilateral antara Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan untuk mengatasi tantangan, termasuk denuklirisasi semenanjung Korea," sambung pernyataan Departemen Luar Negeri AS.

Jake Sullivan, penasihat Keamanan nasional Biden, juga bertemu Akiba dan membahas berbagai masalah keamanan. Termasuk tantangan China dalam mengtasi keamanan ekonomi dan teknologi. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait