beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Asal Usul Crop Top, Dulunya Pakaian Binaragawan

Griska Laras,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Asal Usul Crop Top, Dulunya Pakaian Binaragawan
Image: Asal usul dan sejarah crop top/Pinterest

Jakarta – Urbanreaders yang suka fashion mungkin sudah nggak asing dengan crop top. Yap, istilah ini merujuk model atasan mini setinggi pusar yang biasa dipakai di musim panas. 

Belakangan ini tren crop top kembali booming karena cocok dipadukan dengan berbagai fashion item lain, seperti high waist jeans, midi skirt, hingga hotpants. Crop top bahkan banyak dipakai beberapa selebriti hollywood di karpet merah, dari Ariana Grande, Marion Cotillard, hingga Taylor Swift. 

Nggak cuma wanita, model busana ini juga banyak dipakai pria sebagai gerakan bebas berekspresi tanpa melihat gender (gender fluid). Misalnya Lil Nas X yang memakai pearl crop top dari Balmain saat tampil di panggung Grammy Award 2022. 

1657109486-Lil-Nas-X-Crop-Top.jpegSumber: Lil Nas X Crop Top/[email protected]

Terlepas dari tren yang berkembang saat ini, bagaimana asal usul crop top di industri fashion? 

Busana crop top sendiri sudah ada ratusan tahun di Asia Selatan dan Timur Tengah. Di cuaca yang panas dan kering, diperlukan pakaian yang tipis dan pendek. Misalnya di India, kain saree biasa dipadukan dengan pakaian pendek yang disebut choli

Sementara di Mesir, pakaian crop top dikenal dengan sebutan bedlah. Pakaian ini dirancang oleh Badia Masabni sebagai kostum penari perut. 

Pada 1893, bedlah dan tarian perut mulai dikenalkan ke negeri barat. Namun saat itu, konsep pakaian mini masih sangat tabu dan terlalu eksotik. Berbanding terbalik dengan pakaian barat yang bergaya puritan.  

Namun, pandangan tersebut berubah seiring berjalannya waktu, terutama selama masa Perang Dunia ke-II di tahun 1940-an. Di era itu banyak barang-barang yang dijatah, termasuk kain. Artinnya, desain pakaian harus lebih kreatif untuk menghemat bahan baku. Desainer pakaian mulai berkreasi dengan memotong bagian lengan dan bawah kemeja dengan berbagai model. 

Pakaian Atlet Binaragawan

Nggak banyak yang tahu, crop top sudah menjadi bagian dari mode pria sejak 1970-an. Gaya pakaian ini pertama kali dipakai atlet angkat besi untuk  menghindari aturan gym yang melarang pria bertelanjang dada.

Sejak saat itu, tren crop top dengan cepat menyebar ke beberapa atlet di cabang olahraga lain, seperti atletik hingga lari. 

Masa keemasan model crop top dimulai sepuluh dekade kemudian. Pada 1980,  NIKE mulai memproduksi model ini sebagai pakaian olahraga pria.

Tren crop top di mode pria trus meningkat saat muncul di beberapa film hollywood, seperti Bill& ted, Survival Run, Old Enough, Electric Boogaloo, dan Over the Edge. Sementara di kalangan wanita, crop top makin popular setelah muncul di video klip lagu Madonna berjudul ‘Lucky Star’. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait