beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Asik, Durasi Musik YouTube Shorts Diperpanjang hingga 60 Detik

Shinta Galih,
19 November 2022 19.12.49 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Asik, Durasi Musik YouTube Shorts Diperpanjang hingga 60 Detik
Image: YouTube Shorts. (Istimewa)

Jakarta - Menjawab keluhan content creator, YouTube Shorts memperpanjang durasi musik berlisensi yang digunakan untuk latar belakang video. Dari 15 detik kini menjadi 60 detik.

"Kami mewujudkan permintaan Anda untuk dapat menggunakan audio berdurasi lebih dari 15 detik di video Shorts. Anda dapat menggunakan musik sepanjang 30-60 detik untuk sebagian besar lagu dan audio asli," tulis Reuben, tim YouTube di situs resmi Google Support.

Berkat kesepakatan lisensi yang baru, YouTube mengatakan sebagian besar musik di Shorts akan tersedia dalam durasi hingga 60 detik. Selain itu, pembuat konten dapat melakukan 'remix', atau mengambil sampel, hingga 60 detik suara dari video lain.

Sebelumnya, kreator hanya bisa menambahkan latar musik dan melakukan remix, musik latar/audio yang ditambahkan di Shorts berdurasi 15 detik saja, meski video Shorts sendiri bisa mencapai 60 detik.

Peningkatan durasi ini memberikan fleksibilitas kreator dalam berkreasi dengan konten-konten yang dibuatnya di masa mendatang. Dalam beberapa minggu mendatang, konten kreator akan melihat opsi tambahan saat ingin menambahkan musik latar (backsound) ke video mereka di aplikasi YouTube di Android dan iOS secara global.

"Pembaruan ini mulai diluncurkan hari ini, kami menantikan konten yang Anda buat dengan audio berdurasi lebih panjang," pungkas pengumuman itu

Akan tetapi, rencana tersebut tampaknya bakal ada kendala. Sebab beberapa lagu di YouTube memiliki batasan durasi. Sebab ada pembatasan lisensi yang berkelanjutan, yaitu maksimal berdurasi 30 detik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perusahaan lain seperti TikTok kerap melakukan negosiasi terlebih dahulu dengan pemegang hak cipta, seperti pemilik label musik, distributor, dan penerbit sebelum memasukkan lagu tersebut ke TikTok.

Pihak YouTube belum buka suara terkait apakah mereka sudah melakukan kesepakatan bersama dengan mitra musiknya atau tidak. Karena peningkatan durasi ini guna mengejar lawan-lawannya harusnya Google telah melakukan kesepakatan seperti dilakukan TikTok dan Instagram.

Sebagai perbandingan, Instagram Reels mendukung musik hingga durasi 90 detik. Sementara itu, lagu bisa bertahan hingga satu menit di TikTok, meski secara umum juga menawarkan perpustakaan suara untuk video yang lebih panjang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait