beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Youtube Shorts Kini Bisa Ditonton Lewat Smart TV

Shinta Galih,
9 November 2022 18.01.02 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Youtube Shorts Kini Bisa Ditonton Lewat Smart TV
Image: istimewa

Jakarta - Selama ini YouTube Shorts hanya bisa dinikmati di layar smartphone. Tapi sekarang pesaing TikTok ini bisa dinikmati layar Smart TV.

"Hari ini, kami memperluas akses menonton Shorts ke platform kami yang paling cepat berkembang yakni TV," ujar Neal Mohan, Chief Product Officer YouTube dikutip dari unggahan blog resminya.

UX Directors YouTube Brynn Evans serta Melanie Fitzgerald mengungkapkan banyak dari pengguna fitur Shorts yang menantikan kehadiran Shorts di TV.

"Ada keuntungan yang menarik dari menonton Shorts di layar horizontal. Mereka lebih mudah ditonton bersama dan memberikan pengalaman yang lebih nyaman," ungkap kedua UX Directors itu.

Masalahnya perjalanan YouTube untuk menghadirkan Shorts ke TV sangat berliku. Salah satu penyebabnya karena tampilan Shorts yang vertikal dirasa tidak pas dengan tampilan TV yang horizontal.

Mereka lantas minta pendapat penonton dan kreator Shorts bagaimana untuk menghadirkan konten video pendek itu di layar TV. 

Alasan YouTube menghadirkan Shorts di TV pun semakin kuat ketika ternyata Shorts dinilai pengguna bisa memberikan pengalaman menyenangkan untuk mengatur tontonan menggunakan remot.

Dibandingkan mengandalkan fitur "Autoplay", dalam survei itu banyak pengguna yang menantikan pengalaman memutar Shorts secara manual menggunakan remot TV sehingga membuat layanannya terasa lebih interaktif.

Setelah berhasil menemukan formula desain tampilan yang tepat, akhirnya YouTube memutuskan untuk menghadirkan Shorts di TV.

Layanan ini akan dirilis secara bertahap dalam beberapa pekan ke depan di model-model TV pintar (Smart TV) yang mulai dirilis 2019 hingga keluaran terbaru.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait