menu
user
URstyle

Asyik! Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka Mulai 1 April

Nivita Saldyni,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Asyik! Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka Mulai 1 April
Image: Ilustrasi pendakian Gunung Semeru. (Pixabay)

Malang - Kabar bahagia untuk Urbanreaders yang sudah rindu melakukan pendakian ke Gunung Semeru. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTN BTS) akhirnya bakal kembali membuka jalur pendakian Gunung Semeru pada 1 April 2021, guys!

Pengumuman ini disampaikan Plt Kepala Balai Besar, Agus Budi Santosa, Selasa (30/3/2021). Lewat pengumuman resminya, Agus menyatakan ada sejumlah syarat yang harus diperhatikan selama pendakian di masa adaptasi kebiasaan baru di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

"Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Pembukaan Jalur Pendakian Gunung Semeru pada tanggal 29 Maret 2021, dengan ini diumumkan bahwa pendakian Gunung Semeru pada masa adaptasi kebiasaan baru di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dibuka kembali pada Hari Kamis, 1 April 2021 dengan persyaratan," kata Agus, dikutip Urbanasia dari pengumuman resminya, Selasa (30/3/2021).

Adapun sejumlah syarat pendakian ke Gunung Semeru pada masa adaptasi kebiasaan baru ini di antaranya harus menerapkan SOP pendakian Gunung Semeru pada masa adaptasi kebiasaan baru di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain itu, pembelian karcis masuk melalui booking online di situs Booking Semeru (bookingsemeru.bromotenggersemeru.org). Selama pembukaan kembali ini, kuota dibatasi 30 persen kuota normal atau sekitar 180 orang/hari.

"Batas lama pendakian yang diizinkan maksimal adalah tiga hari dan dua malam dengan batas pendakian maksimal adalah hingga Kalimati," tegasnya.

Sebelumnya, pendakian Gunung Semeru ditutup mulai 30 November 2020. Penutupan dilakukan karena faktor cuaca nggak  mendukung dan pemulihan ekosistem. Kini setelah empat bulan berlalu, kamu akhirnya bisa kembali menikmati keindahan Gunung Semeru.

Untuk kamu yang sudah nggak sabar melakukan pendakian, ada baiknya mulai lakukan persiapan nih. Lengkapi syarat-syarat yang diperlukan, jangan lupa siapkan fisik dan mental juga ya Urbanreaders. Semua syarat dan ketentuan terbaru bisa kamu cek di situs Booking Pendakian Semeru lewat sini ya, guys.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait