beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Awas! Ada Malware Android Bisa Daftar Layanan Premium Diam-diam

Shinta Galih,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas! Ada Malware Android Bisa Daftar Layanan Premium Diam-diam
Image: Ilustrasi malware pada smartphone. (Pinterest/Consumerist)

Jakarta - Tim Microsoft 365 Defender mendapati beragam malware yang membuat pengguna Android jadi berlangganan layanan premium diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna.

Biasanya Malware hanya tertanam pada aplikasi yang berkedok sebagai penipuan pulsa. Kali ini berbeda, mereka akan melakukan berbagai serangan dengan cara menyeramkan yang disebut dengan ‘dynamic code loading’.

Malware tersebut kemudian memaksa pengguna memakai layanan aplikasi berbayar dengan memotong pulsa atau masuk dalam tagihan bulanan kartu kredit.

Tapi Malware terbaru ini mampu bekerja dengan cara yang disebut wireless application protocol (WAP). Singkatnya, Malware ini dapat menginfeksi perangkat hanya dengan koneksi dari internet seluler.

Saat koneksi ke jaringan dikonfirmasi, Malware ini diam-diam mampu mengarahkan pengguna ke layanan berbayar. Mengerikannya, Malware itu bisa mencegah masuknya pesan one-time password (OTP) ke ponsel.

Bahkan Malware ini juga mampu mencegah masuknya SMS yang memberitahu pengguna kalau mereka sudah berlangganan sebuah aplikasi.

Untungnya, Malware ini sebagian besar disebar di luar platform Google Play Store. Bila tidak ingin terinfeksi, pengguna disarankan untuk tidak mengunduh aplikasi di toko pihak ketiga yang tak terjamin keamanannya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait