beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Awas! Aplikasi MyPertamina Palsu Bisa Curi Data

Shinta Galih,
6 Juli 2022 09.39.26 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas! Aplikasi MyPertamina Palsu Bisa Curi Data
Image: Hati-hati aplikasi MyPertamina palsu (Foto: Instagram MyPertamina)

Jakarta - MyPertamina menjadi salah satu aplikasi populer belakangan ini. Itu lantaran aplikasi ini digunakan untuk pembelian BBM Pertalite dan solar bersubsidi.

Tak ayar banyak masyarakat yang mengunduh aplikasi MyPertamina. Kondisi ini rupanya dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membuat aplikasi MyPertamina palsu.

Pihak Pertamina telah mengetahui hal tersebut. Mereka pun mewanti-wanti warga untuk tidak mengunduh aplikasi MyPertamina di luar toko aplikasi resmi.

"Aplikasi MyPertamina yang RESMI hanya bisa kamu download dan install dari GOOGLE PLAY STORE dan APP STORE. Selain dari itu, dapat dipastikan kalau itu aplikasi TIDAK RESMI ya. Jangan sampai salah ya sob!," tulis akun @MyPertamina di akun Instagramnya.

Aplikasi MyPertamina yang tidak resmi berpotensi melakukan pencurian data. Sebab ketika diunduh, aplikasi tersebut akan meminta sejumlah data pribadi.

Belum lagi aplikasi tidak resmi biasanya disusupi malware. Tidak saja mencuri data pribadi, sejumlah malware yang menyerang ponsel bisa menguras isi dompet.

Oleh karena itu, jika kamu mendapatkan tautan atau link ke website tertentu dengan iming-iming kemudahan mendownload aplikasi MyPertamina baiknya mencurigai dan tidak menggunakan link tersebut. Sehingga kamu terhindar dari aplikasi abal- abal yang berpotensi mengarah pada pencurian data.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait