beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Awas Burnout! Ini 4 Tanda Kelelahan Mental dalam Bekerja

Awas Burnout! Ini 4 Tanda Kelelahan Mental dalam Bekerja
Image: Tanda-tanda lelah mental dalam bekerja (Foto: Freepik/WayHomeStudio)

Jakarta - Mengalami kelelahan secara fisik karena pekerjaan mungkin sudah sering Urbanreaders rasakan. Namun banyak yang tidak menyadari bahwa bisa jadi kelelahan karena pekerjaan tersebut tidak hanya terjadi secara fisik, namun juga terjadi secara mental. 

Indikasi kelelahan secara fisik ini seringkali bisa dirasakan langsung, seperti menderita pusing atau sakit kepala hingga badan yang terasa pegal-pegal. Bagaimana jika yang kita alami kelelahan secara mental? Apa saja tanda-tandanya?

Berikut ini Urbanasia rangkum beberapa tanda yang perlu diwaspadai jika kamu mengalami lelah mental dalam bekerja.

1. Kehilangan Motivasi

Pernah merasa berat untuk pergi bekerja? Malas mandi dan berkemas untuk pergi? Jangankan mandi dan siap-siap, menggerakkan badan untuk bangun dari tempat tidur saja sudah membuatmu merasa kewalahan.

Hati-hati jika kamu mulai merasakan tanda seperti ini, karena bisa jadi kamu sudah mulai merasa lelah secara mental dengan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari.

2. Menurunnya Produktivitas dan Konsentrasi

Fokus dalam bekerja tentu suatu hal yang penting untuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah jadi tanggung jawab. Namun mental yang sedang lelah kerap kali membuat konsentrasimu buyar dan susah untuk membangunnya kembali.

Hal ini tentu juga akan berpengaruh pada produktivitas dalam bekerja. Ritme kerja menjadi lebih lambat dari biasanya, dan kamu mengalami kesulitan untuk menyelesaikan tugas.

3. Lebih Mudah Tersinggung

Kelelahan mental yang tidak segera diatasi akan menyebabkan kamu menjadi orang yang lebih mudah tersinggung, bahkan saat menghadapi hal-hal sepele sekali pun.

Tekanan darah yang naik karena kelelahan membuatmu lebih emosional dari biasanya dan tentu saja ini sangat menganggu kenyamananmu sendiri saat bekerja. Oleh karena itu, perhatikan tanda ini dan segera cari solusi untuk mengatasinya.

4. Kelelahan Secara Fisik dan Gangguan Tidur

Tak bisa dipungkiri bahwa kelelahan secara fisik dan mental saling berkaitan. Kondisi fisik yang lelah karena bekerja ini bisa menimbulkan nyeri sendi, otot, hingga terganggunya waktu istirahat. Jam tidurmu pun kacau. Nah karena jatah tidur berkurang, akibatnya kamu juga merasa ngantuk terus-terusan saat bekerja.

Jadi apakah Urbanreaders pernah mengalami gejala-gejala ini? Jika iya, jangan menganggapnya sepele ya, Guys? Apalagi jika sudah berlangsung agak lama. Sebaiknya segera cari bantuan profesional untuk mengatasi masalah ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait