Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Awas Tertipu Produk Ilegal, Ini 4 Cara Pilih Masker Organik yang Aman

Kintan Lestari,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas Tertipu Produk Ilegal, Ini 4 Cara Pilih Masker Organik yang Aman
Image: Ilustrasi masker wajah (Freepik)

Jakarta - Apapun yang viral di media sosial pastinya banyak diikuti orang, termasuk soal kosmetik.

Yap, di TikTok kini tengah ramai konten soal masker wajah organik. Banyak orang memposting hasil wajah mereka yang glowing usai mengenakan salah satu merek masker wajah organik.

Namun sayang, dari sekian produk yang kamu lihat ternyata ada produk yang dibuat dari bahan berbahaya dan tidak ada izin edar dari BPOM.

Yap, belum lama ini Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menggerebek pabrik kosmetik ilegal di Jatirasa, Kota Bekasi.

Pabrik tersebut rupanya membuat masker wajah dengan bahan kimia berbahaya dan dibuat asal tanpa arahan ahli. Mereka hanya mencantumkan label alami. Masker yang diamankan dari pabrik tersebut adalah masker wajah dengan merek Yoleskin, Acone, NHM, dan Youra. 

Masker yang diproduksi rupanya tidak punya izin edar dari BPOM. Namun para pembuat masker sudah menjual produknya itu sejak tahun 2018 secara daring serta lewat reseller di Pulau Jawa. 

Nah, biar kamu nggak jadi korban klaim masker wajah organik, sebagai konsumen kamu harus pintar-pintar memilih produk maskernya.

1. Cek BPOM

1611981859-bpom.jpgSumber: BPOM

Berkaca dari kasus di atas, hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat ingin membeli masker wajah organik adalah mengecek infonya lebih dulu di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kalau merek masker organik yang kamu inginkan tertera infonya di BPOM, boleh kamu langsung beli. Tapi kalau ternyata tidak ada infonya, mending batalin niat kamu untuk beli masker organik itu. 

2. Lihat Review-nya

Saat kamu membeli produk di situs belanja online biasanya tertera juga review dari pembeli lain. Membaca review produk juga bakal membantumu melihat apakah produk tersebut aman dan bagus.

Kalau review yang diberikan pembeli lain banyak yang positif, kamu bisa beli masker tersebut. Tapi kalau banyak review jelek setelah memakai maskernya, mending pikir lagi ya untuk membelinya. 

3. Bikin Sendiri

1602211834-kunyit-dan-mentimun.jpgSumber: Masker kunyit dan mentimun (Freepik)

Masker organik adalah masker yang dbuat dari bahan alami. Jadi sebenarnya kalian bisa buat sendiri guys.

Kamu bisa membuat masker dari campuran gula dan kopi untuk menyembuhkan jerawat. Begitu juga dengan masker yogurt yang bisa membantu mengatasi jerawat.

Kalau kamu ingin mencerahkan wajah, kamu bisa membuat maskernya sendiri dengan bahan madu atau tomat. 

4. Pilih Sesuai Jenis Kulit

1603095451-ilustrasi-pori-wajah-pixabay.jpgSumber: Ilustrasi kulit dengan pori besar (Foto: Pixabay)

Beberapa orang punya sifat 'latah'. Jadi apapun yang viral pasti dicoba. Begitu pun dengan masker organik.

Saat melihat merek yang lagi hits di media sosial, beberapa orang langsung membeli produk tersebut. Padahal nih ya, tidak semua orang cocok dengan masker yang lagi hits karena tipe kulit orang berbeda-beda.

Sebagai konsumen kamu perlu tahu tipe kulitmu seperti apa. Kalau kulitmu sensitif tapi beli masker organik untuk kulit berminyak, ya siap-siap aja kulitmu bakal bermasalah nantinya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait