Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Awas! YoWhatsApp dan WhatsApp Mod Rentan Keamanan

Afid Ahman,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas! YoWhatsApp dan WhatsApp Mod Rentan Keamanan
Image: Ilustrasi gadget (Pixabay/vladgeorge3)

Jakarta - Banyak fitur menarik yang ditawarkan YoWhatsApp maupun WhatsApp Mod. Hanya saja keduanya tidak resmi dan rentan keamanannya bilamana diinstall pengguna.

YoWhatsApp dan WhatsApp Mode lainnya tidak berbeda dengan WhatsApp GB yang sempat trending beberapa waktu lalu.

Lantaran bukanlah aplikasi resmi, YoWhatsApp dan sejenisnya tidak bisa didownload di PlayStore maupun App Store. Pengguna harus mengunduhnya lewat toko aplikasi pihak ketiga.

Namun karena hal tersebut tidak resmi, soal keamanan tidak ada jaminan. Salah satu yang mengintai adalah malware.

WhatsApp sediri secara tegas mengatakan bahwa aplikasi YoWhatsApp atau aplikasi yang dapat dapat memindahkan chat WhatsApp antar telepon adalah versi WhatsApp yang diubah.

“Aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar Ketentuan Layanan kami. WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya,” terang WhatsApp dalam keterangan resminya.

WhatsApp pun mengacam akan memberikan sanksi pengguna Yowhatsapp dan sejenisnya berupa blokir sementara hingga permanen. Apabila diblokir sementara, artinya WhatsApp memberikan kesempatan bagu pengguna untuk beralih ke aplikasi resmi WhatsApp sebelum benar-benad diblokir permanen.

"Jika kamu tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, akun kamu mungkin akan diblokir menggunakan WhatsApp secara permanen," tegas WhatsApp.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait