Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Backup WhatsApp di Google Drive dan iCloud Kini Terenkripsi End-to-End

Afid Ahman,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Backup WhatsApp di Google Drive dan iCloud Kini Terenkripsi End-to-End
Image: Terenskripsi End-to-End. (Dok. WhatsApp)

Jakarta - WhatsApp mengumumkan telah menambahkan sistem enkripsi end-to-end ke data cadangan atau backup cloud di Android dan iOS.

Sejatinya WhatsApp telah menerapkan fitur enkripsi lima tahun ini. Namun hanya diterapkan pada percakapan saja.

“Pesan yang terenkripsi secara end-to-end yang Anda kirim dan terima disimpan pada perangkat. Akan tetapi, banyak pengguna juga ingin dapat mencadangkan chat mereka agar riwayat chat dapat dipulihkan jika telepon mereka hilang,” terang WhatsApp dalam blog resminya.

“Mulai hari ini, kami memberikan lapisan keamanan opsional tambahan untuk melindungi cadangan yang disimpan di Google Drive atau iCloud dengan enkripsi end-to-end,” sambungnya.

WhatsApp mengklaim tidak ada layanan perpesanan global lain yang menyediakan keamanan untuk pesan, media, pesan suara, panggilan video, dan cadangan chat pengguna dengan tingkat seperti mereka.

“Untuk melindungi cadangan terenkripsi secara end-to-end, perlu membuat kata sandi atau kunci enkripsi 64 digit yang hanya diketahui oleh Anda. WhatsApp dan penyedia layanan cadangan tidak akan dapat membaca cadangan Anda atau mengakses kunci yang diperlukan untuk membuka cadangan tersebut,” ujar WhatsApp.

Pengguna yang ingin menggunakannya perlu mengaktifkan fitur enkripsi end-to-end untuk data cadangan tersebut. Caranya sebagai berikut:

1. Buka Setelan.
2. Ketuk Chat > Cadangan chat > Cadangan Terenkripsi End-to-end.
3. Ketuk Lanjut, lalu ikuti petunjuk untuk membuat kata sandi atau kunci.
4. Ketuk Selesai dan tunggu selagi WhatsApp menyiapkan cadangan Anda yang terenkripsi secara end-to-end. Anda mungkin perlu menyambungkan telepon ke sumber daya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait