menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

Ban Mobil Tiba-tiba Pecah di Jalan, Apa Sebabnya?

Anisa Kurniasih,
11 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ban Mobil Tiba-tiba Pecah di Jalan, Apa Sebabnya?
Image: Ilustrasi ban mobil (freepik)

Jakarta - Maraknya kecelakaan di jalan raya akibat ban mobil pecah membuat pengendara harus selalu waspada. 

Beberapa insiden kecelakaan akibat pecahnya ban mobil di tengah perjalanan pastinya membuat banyak orang khawatir apalagi jika membahayakan pengendara lainnya.

Jusri Pulubuhu, Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menyebutkan, di Indonesia sendiri, kecelakaan di jalan tol, 72 persennya terjadi akibat ban.

Nah, biar hal itu nggak terjadi sama kita nih, Urbanreaders, kita harus tahu nih apa saja sih yang menjadikan ban mobil itu bisa tiba-tiba pecah?

Jusri menyebutkan, faktor utama penyebab ban pecah adalah tekanan angin yang tidak sesuai atau tekanan anginnya kurang.

Ia menjelaskan, ban mobil yang kekurangan angin akan lebih cepat panas karena permukaan ban yang kontak langsung ke aspal lebih luas. Jadi, lapisan ban tersebut akan cepat memuai dan  pecah mendadak.

"Ban pecah biasanya karena suhu panas yang berlebih dan overload, suhu pahan berlebih disebabkan oleh angin yang kurang. Semakin kempes ban maka semakin besar bidang gesek yang terjadi dan mengalami over heating," ungkapnya kepada Urbanasia.

Selain itu guys, ban yang kempes justru akan memperlebar ketegangan dinding ban loh. 

Permukaan ban menjadi menekuk dan akibat pressure muatan sehingga kelenturan dari dinding ban mengalami over heating dan akhirnya side wall ban tersebut pecah.

Selanjutnya, menurut Jusri, penyebab lainnya yang membuat ban pecah ialah overload. Biasanya, hal itu sering terjadi pada kendaraan angkutan barang atau muatan, guys.

"Kalau mobil kecil untuk penumpang mungkin tidak overload, namun kalau kendaraan bermuatan yang bebannya berlebih, itu (pecah ban) bisa terjadi," sambung dia.

Nah, faktor selanjutnya penyebab ban mobil pecah, bisa karena berbagai hal guys. 

Misalnya permukaan jalan yang jelek atau tidak rata serta cara mengemudi yang kurang hati-hati sehingga membentur objek-objek lain, misal benda tajam seperti paku yang menghujam ban.

Lalu, usia ban juga bisa menjadi sebab lain guys. Bahkan, kurangnya perawatan ban juga membuat ban bisa rusak apalagi jika tidak pernah dirawat dibersihkan.

"Bersihkan setiap abis pemakaian, jangan sampai salah gosok, terkadang orang memakai solar untuk membuat ban jadi mengkilat, padahal itu sebenarnya merusak konstruksi material ban," tegas Jusri.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait