Hot News

Jakarta - Grab Indonesia meluncurkan #TerusUsaha, sebuah program yang didedikasikan untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat beradaptasi dan berkembang di era tatanan baru pasca COVID-19.

 #TerusUsaha merupakan kelanjutan dari komitmen jangka panjang Grab untuk mempercepat digitalisasi bisnis tradisional dan kecil, serta memastikan mereka terlibat dalam ekonomi digital yang berkembang.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia menjelaskan, bisnis kecil merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, namun 87% dari mereka masih offline. Dengan situasi dunia yang semakin bergantung pada kemampuan digital, mereka harus merangkul teknologi dan melakukan digitalisasi atau mereka akan tertinggal.  

"#TerusUsaha adalah bagian dari komitmen GrabForGood yang bertujuan untuk memberikan akses teknologi, peningkatan keterampilan, dan layanan digital. Program ini kami ciptakan untuk mendukung program #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan Presiden Joko Widodo," ujar Ridzki dalam konferensi pers virtual Grab, Selasa (30/6/2020).

1593510874-Virtual-konferensi-pers-Grab.pngSumber: Konferensi pers virtual Grab Indonesia, Selasa (30/6/2020).

Ridzki mencatat, lewat digitalisasi sebanyak 83.500 mitra merchant dan agen Grab baru telah bergabung  loh guys selama masa pandemi.

Lalu, ada sebanyak 70.000 merchant dan agen Grab bergabung sebagai bagian dari program bangga buatan Indonesia.

"Selama pandemi digitalisasi menjadi prioritas utama, beri kesempatan bagi lebih banyak orang," katanya.

Menurut Ridzki, tanpa disadari, setiap transaksi masyarakat menggunakan aplikasi Grab akan mendukung kegiatan ekonomi dan UMKM bisa mencapai jutaaan. Nah, efek pandemi ini bisa dianggap menjadi positif jika masyarakat terus memanfaatkan digitalisasi melalui aplikasi Grab.

"Efek pandemi ini bagaimana bisa merespon menjaga masyarakat bersama melewati masa sulit," imbuhnya.

Di samping itu,guys, pandemi COVID-19 juga telah membuka lebar mata manusia untuk saling berbagi dan saling tolong menolong. Tercatat selama pandemi jumlah donasi dari pelanggan yang dikumpulkan melalui penukaran poin grabrewards mencapai Rp1,4 miliar.

Bahkan, sebanyak 83 persen tips dari pelanggan diberikan ke mitra pengemudi dan pengantaran. Angka ini meningkat 38 persen dari posisi sebelumnya.

Lewat program ini, ia berharap program #TerusUsaha dapat membantu bisnis-bisnis kecil menavigasi era tatanan baru dengan semangat gotong-royong.

"Kami percaya bahwa inilah saatnya bagi UMKM Indonesia untuk maju dengan inovasi dan saling menginspirasi untuk dapat bertahan dan bangkit," tambahnya.

Selain itu, guys, Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia yang turut hadir dalam peluncuran program ini menekankan pentingnya kerja sama antara sektor swasta dan sektor publik dalam membantu Indonesia melalui masa pandemi.

“COVID-19 memiliki dampak yang signifikan bagi kehidupan dan mata pencaharian masyarakat Indonesia. Dibutuhkan kerja sama yang solid dan partisipasi dari seluruh elemen bangsa ini untuk bergerak maju dan bangkit sebagai kesatuan. Setiap individu harus memainkan peran mereka dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah diberlakukan," ujar Airlangga.

Ia menambahkan, sektor swasta juga dapat memainkan peran penting dalam mendukung pemulihan ekonomi. Grab telah menjadi mitra yang penting bagi pemerintah selama masa pandemi dan saya senang dengan inisiatif #TerusUsaha yang diluncurkan hari ini untuk mendukung UMKM agar siap menghadapi era tatanan baru.  

"Digitalisasi saat ini menjadi semakin penting daripada sebelumnya, dan saya senang Grab mengambil peran untuk mendukung Indonesia dalam perjalanan itu,” tambah Airlangga.


Loading ..