beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

3 Kondisi Kamu Boleh 'Libur' Pakai Sunscreen

Kintan Lestari, 23 Oktober 2022 15.05.01
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Kondisi Kamu Boleh 'Libur' Pakai Sunscreen
Image: Sunscreen (Foto: Freepik/Rawpixel)

Jakarta - Urbanreaders pasti tahu kan kalau kita nggak boleh skip memakai sunscreen, bahkan meski kamu beraktivitas di dalam ruangan saja atau meski seharian hujan. Itu karena paparan sinar matahari masih ada dan mengenai kulit meski memang tidak terasa. Maka dari itu, sunscreen wajib dipakai setiap hari.

Tapi kamu tahu nggak, ada beberapa kondisi yang membuat kamu tidak wajib pakai sunscreen loh. Kondisi seperti apa saja ya? Daripada penasaran, yuk langsung kita bahas di bawah ini!

1. Di Malam Hari

Sunscreen dipakai untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Jadi kamu tidak perlu memakainya malam hari ini. Tapi ada beberapa pelembap yang di dalamnya terdapat kandungan SPF. Maka dari itu kamu perlu hati-hati karena SPF dalam pelembap tadi dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit kering ketika kamu tidur. Jadi, pastikan pelembap yang kamu pakai di malam hari tidak ada kandungan SPF di dalamnya ya.

2. Alergi Sunscreen

Sama seperti produk lainnya, sunscreen bagi beberapa orang juga menyebabkan alergi. Gejalanya bisa sehabis pakai sunscreen kulitmu langsung bereaksi dengan muncul ruam, atau kondisi lain karena setelah sunscreen diaplikasikan kamu terkena interaksi dengan sinar matahari atau yang disebut dengan photoallergy. Penyebab alergi sunscreen tentu saja karena salah satu kandungan dalam produk.

Untuk kondisi ini, kamu boleh 'libur' memakai sunscreen sampai alergi sembuh. Lalu jangan lupa hindari kontak dengan sinar matahari sebisa mungkin supaya alergi tidak tambah parah. Tapi ingat, kondisi ini hanya sementara ya sampai kamu menemukan sunscreen yang cocok. Begitu sudah ketemu yang cocok untuk kulitmu, jangan sampai lupa aplikasikan setiap hari dan reapply setiap 2 jam sekali.

3. Dermatitis Perioral

Dermatitis Perioral adalah kondisi ketika di kulit muncul benjolan merah (papula) yang gatal di sekitar area mata, hidung, dan mulut. Untuk orang dengan kondisi ini, perlu menghindari kandungan dalam produk yang bisa memperparah peradangan, salah satunya adalah oxybenzone yang biasa ada di produk chemical sunscreen.

Kalau menggunakan sunscreen yang mengandung oxybenzone maka kondisi dermatitis perioralnya akan semakin parah. Maka dari itu, sama seperti nomor 2, pemilik kondisi ini bisa 'libur' sementara dari menggunakan sunscreen sampai menemukan sunscreen yang bahan kandungan di dalamnya tidak akan memperparah peradangan dermatitisnya.

Itu dia 3 kondisi yang membuat kamu tidak wajib pakai sunscreen, Urbanreaders. Selain 3 kondisi tersebut, mau hari hujan atau kamu hanya ada di dalam ruangan, kamu tetap wajib pakai sunscreen dan mengaplikasikannya kembali setiap 2 jam sekali ya. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait