beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Cara Atasi Panik saat Anak Sakit

Izzah Putri Jurianto, 7 November 2022 21.47.26
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Atasi Panik saat Anak Sakit
Image: Ilustrasi ibu dan anak yang sedang sakit (Pexels/timamiroshnichenko)

Jakarta – Sebagai seorang ibu ketika melihat anak demam, apa reaksi pertama yang kamu tunjukkan? Panik atau berusaha tenang sambil mencari solusinya?

Tidak ada orangtua yang suka saat melihat anaknya dalam kondisi kurang sehat. Jadi, nggak heran kalau kebanyakan ibu akan cenderung panik ketika berada dalam situasi serupa. Namun, para ibu bisa mengatasi rasa panik melihat anak sakit dengan 5 cara ini, loh.

1. Beri Pertolongan Pertama

1667807684-Ilustrasi-Ibu-Merawat-Anak.jpegSumber: Ilustrasi ibu dan anak yang sedang sakit (pexels/timamiroshnichenko)

Saat anak sakit, alih-alih merespon dengan panik, lebih baik berikan pertolongan pertama untuk anak. Pertolongan ini bisa berbagai macam bentuknya. 

Contohnya, ketika anak mengeluh pusing, beberapa ibu akan membujuk mereka untuk banyak tidur. Hal ini dilakukan supaya anak bisa rileks dan tidak beraktivitas terlalu berat. Sementara itu, ibu lainnya mungkin akan langsung memberikan obat atau membawa anaknya ke dokter.

2. Cari Tahu Gejalanya

1666407341-ilustrasi-anak-sakit.jpegSumber: Ilustrasi anak sakit. (Pinterest)

Dalam situasi tidak memungkinkan untuk membawa anak ke dokter, cobalah cari tahu faktanya terlebih dahulu. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi kecemasan yang dirasakan.

Saat cemas, kita cenderung menganggap suatu masalah yang sebetulnya sederhana menjadi besar. Oleh karena itu, mencari fakta soal gejala sakit yang dirasakan anak mungkin bisa membantu mengurangi kecemasanmu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait