beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Butik Kecantikan dengan Konsep Berkelanjutan, Seperti Apa Rupanya?

Kintan Lestari, 12 Oktober 2022 16.03.47
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Butik Kecantikan dengan Konsep Berkelanjutan, Seperti Apa Rupanya?
Image: Butik Kiehl's di Central Park. (Dok. Kiehl's)

Jakarta - Kini semakin banyak brand kecantikan yang bertanggung jawab pada lingkungan, baik dalam pembuatan produknya, pengelolaan sampah produk, sampai konsep store yang terbuat dari bahan daur ulang.

Itulah yang dilakukan Kiehl's Indonesia. Sejalan dengan komitmen pembangunan yang berkelanjutan dari L’Oréal Grup yaitu L’Oréal for the Future, Kiehl’s Indonesia memperkenalkan transformasi butik di Central Park Mall, Jakarta yang didesain dengan lebih berkelanjutan.

Adapun butik Kiehl's tersebut didesain secara menyeluruh dengan prinsip-prinsip sustainability dari konsep awal, proses konstruksi hingga pengelolaan daur ulangnya atau end-of-life recycling.

“Di L’Oréal Luxe Division, kami memiliki visi untuk memimpin perubahan menuju mindful & sustainable luxury beauty di Indonesia. Selama bertahun-tahun, kami telah melakukan transformasi mendalam untuk lebih berkelanjutan dalam seluruh proses bisnis kami. Salah satunya dalam aspek ritel, kami menggabungkan keunggulan operasional ritel kami dengan tanggung jawab terhadap lingkungan,” jelas Caroline Foo, General Manager, L’Oréal Luxe Indonesia. 

“Didesain dengan menerapkan L’Oréal Group’s retailing sustainability guideline, renovasi butik Kiehl’s di Central Park Mall Jakarta menjadi bukti bagaimana kami mewujudkan komitmen sustainability kami, L'Oréal for The Future, dengan menghormati batas-batas planet. Kami berkomitmen terhadap keragaman dan inklusivitas," sambungnya.

1665540056-Kiehls-2.pngSumber: Butik Kiehl's di Central Park. (Dok. Kiehl's)

Ia pun memastikan pengalaman berbelanja yang mudah diakses oleh seluruh konsumen dengan harapan inisiatif ini dapat menginspirasi pelaku bisnis untuk merancang transformasi ritel menjadi lebih hijau.

Hadirnya butik di Central Park berada di bawah program Retail Sustainably dari L'Oréal Group, yang bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan di butik, meningkatkan keamanan dan kenyamanan staf dan konsumen, sekaligus menjawab kepedulian konsumen akan pembangunan berkelanjutan.

“Kita tinggal di dunia yang begitu indah, dan kami percaya menjadi tanggung jawab kita semua untuk melakukan segala hal yang kita bisa untuk menjaga dan memelihara keindahan bumi. Sebagai bagian dari komitmen kami di Indonesia, kami mengambil tindakan untuk membuat butik kami lebih ramah lingkungan, untuk masa depan yang lebih hijau," ujar Venny Septianita, Brand General Manager, Kiehl’s Indonesia.

Butik Kiehl’s di Central Park Mall, Jakarta tersebut dengan bangga diperkenalkan kepada konsumen di Indonesia yang sudah didesain, diproduksi, serta dioperasikan secara lebih ramah lingkungan.

1665540064-Kiehls-3.pngSumber: Butik Kiehl's di Central Park. (Dok. Kiehl's)

Arif Suwita selaku Head of Retail Design and Visual Merchandising, L’Oréal Luxe Indonesia mengungkap proses mewujudkan butik Kiehl's yang berkelanjutan. 

“Sebagai seorang ritel desainer, untuk mewujudkan ritel yang lebih sustainable, kami melakukan penyesuaian material yang digunakan di butik. Prosesnya dimulai dari perancangan dan manajemen proyek untuk memastikan bahwa semua tahap konstruksi sampai tahap operasional di dalam butik dilakukan dengan prinsip-prinsip yang berkelanjutan," kata dia. 

Ia menjelaskan, praktik tersebut melibatkan semua pihak, termasuk retailer, desainer, tim Kiehl’s dan vendor untuk menganalisa dan bekerja dengan lebih kreatif serta lebih cermat agar lebih berkelanjutan.

Berikut bagaimana renovasi butik menerapkan strategi yang berkelanjutan dan memastikan implementasi zero waste to landfill, mengikuti pedoman dari Grup:

- 82% material yang digunakan di butik Kiehl’s Central Park Mall Jakarta menggunakan bahan yang disertifikasi ramah lingkungan, digunakan atau didaur ulang. Sebagai contoh, dinding bata di butik digunakan kembali dari bekas bongkahan bangunan tua, sedangkan lantai butik dikonstruksi dari kayu bekas yang diolah kembali dan dilapisi dengan water-based wood coating.

- Butik ini dirancang agar dapat diakses oleh semua Friends of Kiehl's, termasuk pelanggan yang menggunakan kereta bayi dan kursi roda agar mampu bergerak di sekitar butik tanpa hambatan.

- Butik menggunakan 100% LED, sistem lampu otomatis dan dilengkapi dengan perangkat elektronik yang menggunakan jumlah energi yang sedikit agar butik menjadi lebih hemat energi. Kualitas dan level pencahayaan pada setiap bagian butik seperti color temperature hingga color rendering index diatur dan didesain untuk memastikan kenyamanan penglihatan staf dan konsumen.

- Dekorasi butik dengan tema New York khas Kiehl’s dilukis tangan oleh seniman lokal dengan cat berbahan dasar air yang menggunakan bahan-bahan bersertifikasi ramah lingkungan sehingga tidak mengandung efek kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

- Layanan daur ulang di dalam butik juga tersedia melalui program Kiehl's Recycle and Be Rewarded. Melalui program ini, kami mendorong konsumen untuk membawa produk kecantikan mereka yang sudah habis kembali ke butik untuk didaur ulang.

Mohamad Fikri selaku Corporate Responsibility Director L’Oréal Indonesia mengatakan, bagi L’Oréal, kecantikan juga mengenai tanggung jawab dan kepedulian. Prinsip ritel berkelanjutan tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman butik yang peduli akan keamanan, kenyamanan, dan tanggung jawab terhadap lingkungan. 

"Kami memiliki ambisi kedepannya agar 100% dari butik kami yang baru maupun yang direnovasi untuk dirancang dan dibangun mengikuti prinsip-prinsip keberlanjutan Grup pada tahun 2025,” tutupnya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait