beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Kulit Terasa Ketarik Usai Cuci Muka, Pertanda Bersih?

Kintan Lestari, 29 Juni 2022 18.54.31
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kulit Terasa Ketarik Usai Cuci Muka, Pertanda Bersih?
Image: Ilustrasi cuci muka. (Freepik/pvproductions)

Jakarta - Cuci muka adalah tahapan perawatan kulit yang sangat penting. Percuma kamu menerapkan 7-8 tahapan skincare bila kamu melewatkan cuci muka.

Cuci muka akan menghilangkan kotoran, minyak, sampai sisa makeup dan skincare di wajah sehingga semua itu tidak akan menyumbat pori-pori yang menjadi penyebab munculnya jerawat dan masalah kulit lain. Saat cuci muka apa nih yang kamu rasakan setelahnya. Apakah kulit terasa lembut? Atau justru kamu merasa kulit seperti ketarik?

Nah, buat kamu yang merasa kulitnya ketarik usai cuci muka, kamu harus tahu kalau itu bukan pertanda kulitmu benar-benar bersih ya. Banyak orang berpikir kulit ketarik itu pertanda kulitnya sudah sangat bersih. Padahal bukan seperti itu.

Dr Ifeoma Ejikeme, konsultan kedokteran umum dan dokter ahli estetika, mengungkap pertanda kulit bersih yang seharusnya adalah kulit yang terasa segar. Menurutnya, bila kulit ketarik itu artinya penghalang kulit (skin barrier) mungkin rusak.

“Perasaan kencang mungkin merupakan tanda penghalang kulit telah rusak," ujar Ejikeme seperti dikutip Stylist.

“Penghalang kulit adalah garis pertahanan pertama tubuh kita, yang menjaga keseimbangan air di kulit dan mencegah bakteri yang tidak diinginkan dan patogen lain masuk ke kulit. Kamu dapat secara efektif membersihkan dan mendukung penghalang kulit itu dengan memilih pembersih yang tidak membuat kulit terasa mengelupas,” sambungnya lagi.

Suhu air rupanya juga berpengaruh pada proses pembersihan kulit. Para ahli mengatakan suhu 37°C sangat ideal untuk proses pembersihan yang efektif. Lalu juga ingredients di dalam produk facial wash. Ingredients yang keras dan mengeringkan juga dapat menyebabkan masalah. 

Saat membeli pembersih wajah, perhatikan bahan-bahan yang lembut namun dapat meningkatkan perlindungan kulit seperti ceramide yang melindungi penghalang kulit, hyaluronic acid yang menghidrasi, vitamin E sebagai antioksidan, chamomile yang menenangkan, dan gliserin yang melembapkan.

Setelah menemukan pembersih wajah ideal dan suhu air yang ideal, proses cuci muka pun lebih mudah. 

“Gunakan tangan yang bersih, basahi wajah dengan air dan gunakan pembersih favorit. Pijatkan ke kulit selama sekitar 30 detik dan ketika membilas, pastikan airnya jernih. Setelah selesai, tepuk [jangan digosok] kulit dengan handuk lembut,” tutup Ejikeme.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait