beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Terlihat Serupa, Apa Perbedaan Concealer dan Foundation?

Kintan Lestari, 21 Februari 2022 18.10.40
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Terlihat Serupa, Apa Perbedaan Concealer dan Foundation?
Image: Freepik

Jakarta - Untuk membuat riasan wajah sempurna, tentu kita harus menggunakan beberapa produk makeup, seperti foundation dan concealer. Tapi, Urbanreaders tahu nggak, apa bedanya concealer dan foundation?

Dua produk itu paling sering digunakan dalam proses makeup. Ada yang memakai dua-duanya, namun ada juga yang memakai hanya salah satu di antara dua item makeup itu, misalnya hanya foundation saja atau hanya concealer saja.

Lantas, apa bedanya sih concealer dan foundation? Perbedaan paling utama adalah fungsinya.

Foundation bekerja seperti base riasan, yakni membuat kulit warnanya rata dan halus bak kanvas yang siap dilukis. Sementara concealer umumnya berfungsi untuk menyamarkan atau menutupi kekurangan di wajah, seperti jerawat, kantung mata, atau noda hitam.

Dengan demikian, foundation diaplikasikan ke seluruh wajah dan leher. Sedangkan foundation hanya di area wajah yang bermasalah dan ingin ditutupi. 

Perbedaan lainnya adalah concealer lebih coveraged dibanding foundation dan formulanya juga lebih berat. Concealer juga hadir dalam beragam pilihan shade dan warna seperti yang ada di color corrector, dibanding foundation yang hanya tersedia dalam shade terang dan gelap saja.

Untuk penggunaannya sendiri, banyak yang bingung apakah foundation yang dipakai lebih dulu baru concealer, atau sebaliknya. Karena foundation fungsinya sebagai base makeup, maka yang harus dipakai lebih dulu adalah foundation.

Kalau base-nya sudah siap, baru pakai concealer untuk menutupi kekurangan yang ada. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan riasan akhir yang smooth.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait