beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Waspada! Ini 5 Faktor Penyebab Kulit Kering

Kintan Lestari, 7 Februari 2022 20.43.14
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Waspada! Ini 5 Faktor Penyebab Kulit Kering
Image: Ilustrasi kulit kering (Freepik)

Jakarta - Pemilik kulit kering pasti pernah merasakan kulitnya bersisik, gatal, kemerahan, bahkan sampai iritasi. Tentunya hal tersebut bikin kesal.

Tapi nggak hanya yang kulitnya kering saja yang mengalami hal tadi, pemilik kulit lainnya pun bisa mengalami hal serupa, termasuk kulit normal dan kulit berminyak. Kok bisa ya?

Rupanya ada beberapa faktor yang bikin kulit kita lama-lama jadi kering nih. dr Ika Anggraini selaku dermatologis pun membeberkan beberapa penyebab kulit bisa menjadi kering.

"Penyebab kulit kering itu, contohnya adalah pajanan atau exposure sinar matahari. Misalnya kita menggunakan pakaian tertutup, tapi pakaiannya itu pori-porinya tetap bisa menyebabkan UV masuk ke dalam kulit," ujar dr. Ika dalam webinar yang berlangsung Sabtu (5/2/2022).

"Apalagi kalau pakaiannya yang berwarna hitam. UV tetap masuk ke dalam kulit kita, itu bisa menimbulkan kolagen dan elastin dermis itu jadi terpecah sehingga kulit cenderung menjadi lebih kering. Nanti juga bisa timbul kerutan halus," lanjutnya lagi.

Faktor selanjutnya dikatakan dr Ika adalah penggunaan AC (air conditioner), indoor air pollution seperti memasak, dan durasi mandi yang terlalu lama.

"AC juga bisa mengurangi kelembapan udara di sekitar, sehingga kulit kita cenderung akan lebih kering. Kemudian saat masak dan kita berdiri dekat kompor, ini juga akan mempercepat skin aging," jelasnya.

"Kemudian sering juga kan cewek-cewek kalau mandi agak lama karena banyak yang dibersihkan. Itu sebenarnya kurang baik. Karena kalau mandinya terlalu lama, air lama-lama akan jadi faktor iritan bagi kulit kita sehingga membuat kulit jadi lebih kering. Apalagi kalau mandinya dengan air hangat, pH sabunnya tidak sesuai dengan pH kulit, itu akan membuat kulit cenderung lebih kering," pungkasnya lagi. 

Dan faktor penyebab kulit kering yang terakhir, dan tidak bisa dihindari, menurut dr Ika adalah faktor penuaan.

"Kemudian yang nggak bisa kita hindari tuh faktor penuaan. Semakin bertambahnya usia, kulit kita pastinya nggak bisa sama dengan kulit anak-anak yang masih bagus, masih kenyal. Kita perlu asupan moisturizer dari luar. Sehingga penting banget menggunakan pelembap," tutupnya.

Itu dia beberapa faktor yang bisa menyebabkan kulit kita menjadi lebih kering. Dengan demikian, dapat dirangkum kalau penyebab kulit kering adalah sebagai berikut:

1. Paparan sinar matahari
2. Mandi terlalu sering
3. Paparan AC
4. Indoor air polution/polusi dalam ruangan
5. Faktor penuaan (aging)

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, Urbanreaders.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait