Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Cara Mengatasi Kulit Kering yang Perlu Kamu Tahu!

Kintan Lestari,
6 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Mengatasi Kulit Kering yang Perlu Kamu Tahu!
Image: Freepik

Jakarta - Pemilik kulit kering tentu merasa tersiksa dengan kondisi kulitnya. Tapi tenang, ada banyak cara mengatasi kulit kering.

Dan caranya pun mudah serta tidak memerlukan banyak biaya. Tapi sebelum itu, kalian tahu nggak apa yang menyebabkan kulit kering?

Kulit kering bisa terjadi di area tubuh mana pun, baik di tangan, wajah, atau kaki. Kondisi ini juga bisa terjadi pada siapa pun, tidak peduli usia dan jenis kelamin,

Melansir Healthline, berikut beberapa faktor yang menyebabkan kulit kering:

- Usia

Semakin bertambah usia, kulit cenderung lebih kering. Itu karena pori-pori secara alami menghasilkan lebih sedikit minyak, sehingga meningkatkan risiko kulit kering.

- Riwayat Kesehatan

Kulit kering seperti eksim atau demartitis akan terjadi pada individu yang keluarganya punya  riwayat kondisi ini atau penyakit alergi lainnya.

- Musim

Cuaca juga jadi faktor penyebab kulit kering. Ketika tingkat kelembapan rendah, misalnya saat musim gugur atau musim dingin, kulit cenderung kering. Sementara di musim panas yang tingkat kelembapannya lebih tinggi risiko kulit menjadi kering sedikit.

- Kebiasaan Mandi

Faktor lain yang bikin kulit kering ternyata kebiasaan mandi kita. Bila kamu terlalu sering mandi, atau mandi dengan air yang sangat panas, maka risiko kulit kering akan meningkat.

Lalu bagaimana cara mengatasi kulit kering? Jawabannya mudah, kamu hanya perlu melakukan hal-hal berikut ini:

1. Jangan Sering Mandi Air Panas

1614048784-mandi-air-panas---freepik-torwal-studio.jpgSumber: Ilustrasi mandi air panas/Freepik: Torwal Studio.

Mandi air panas memang bikin badan rileks. Tapi jangan gara-gara rileks kamu jadi setiap mandi pakai air panas. Soalnya mandi pakai air panas bikin kulit jadi kering. Jadi coba deh kurangin aktivitas mandi air panas kamu. Kalau mau mandi air panas, di waktu-waktu tertentu saja ya.

2. Jangan Terlalu Lama Mandi

1598266104-pixabay-mandi.jpgSumber: Ilustrasi mandi. (Pixabay/StockSnap)

Meski kamu mandi dengan air dingin, waktu mandi yang lama juga bikin kulitmu kering loh. Pasalnya mandi membuat kelembapan alami kulitmu hilang. Itu terjadi karena kemampuan kulit menyerap air hanya 10 menit. Lalu kemampuan kulit mempertahankan kelembapannya hanya 30 menit. Jadi bisa dibayangkan kan kalau durasi mandi kamu lebih dari waktu tersebut.

3. Jangan Keringkan dengan Menggosok, Melainkan Usap

1628039045-mandi--freepik-jcomp.jpgSumber: Ilustrasi sehabis mandi. (Freepik/jcomp)

Kulitmu kering bisa jadi penyebabnya kebiasaan kamu yang sering menggosokkan handuk ke tubuh untuk mengeringkannya. Kebiasaan ini rupanya bikin skin barrier atau lapisan pelindung kulitmu rusak. Baiknya setelah mandi kamu usapkan handuk dengan perlahan untuk mengeringkan tubuh.

4. Langsung Gunakan Pelembap

1622165690-diy-pelembap---freepik-jcomp.jpgSumber: Ilustrasi pelembap. (Freepik/jcomp)

Mandi atau mencuci muka dengan produk pembersih bikin kelembapan kulit menghilang. Maka dari itu, setelah mengeringkan badan kamu harus segera pakai pelembap supaya kulit kembali lembap dan akhirnya tidak kering.

5. Banyak Minum Air Putih

1607859573-jaga-asupan-air.jpgSumber: Freepik

Cara mengatasi kulit kering bukan hanya dari luar saja, tapi juga harus dari dalam yakni dengan memenuhi cairan tubuh. So, pastikan kamu banyak minum air putih ya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait