beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Bertemu Xi Jinping, Jokowi Buat 7 Kesepakatan dengan Cina

Nivita Saldyni,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bertemu Xi Jinping, Jokowi Buat 7 Kesepakatan dengan Cina
Image: Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Beijing - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Cina Xi Jinping di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa (26/07/2022). Dalam pertemuan itu keduanya pun membahas banyak hal dan membuat beberapa kesepakatan. 

“RRT adalah mitra strategis komprehensif Indonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita, dan sekaligus untuk kawasan dan dunia,” ucap Presiden Jokowi seperti dikutip dari keterangan resminya, Selasa. 

Pada kesempatan berbeda, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menambahkan kedua pemimpin negara itu juga membahas berbagai isu lain selain kerja sama ekonomi. Salah satunya isu kawasan dan dunia, juga isu G20 dan ASEAN. 

“Sebagai negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki tempat yang penting bagi RRT dan kawasan. Apalagi saat ini Indonesia memegang Presidensi G20 dan tahun depan menjadi Ketua ASEAN,” ungkap Retno usai pertemuan tersebut. 

“Indonesia sampaikan penghargaan atas dukungan RRT terhadap keketuaan Indonesia di G20. Mengenai ASEAN, Indonesia berkomitmen untuk menjadikan ASEAN relevan, tidak saja bagi masyarakat Indonesia namun juga untuk kawasan dan dunia,” sambungnya.

Retno mengaku Xi juga memberikan apresiasi atas upaya Presiden Jokowi dalam memperbaiki situasi kemanusiaan dan perdamaian, salah satunya antara lain dengan mengunjungi Kyiv, Ukraina dan Moskow, Rusia. Langkah itu dinilai Xi sebagai tanggung jawab Indonesia sebagai negara besar.

Tak ketinggalan, Jokowi dan Xi juga membahas soal pentingnya kerja sama konkret yang saling menguntungkan dalam konteks Global Development Initiative (GDI). Jika kerjasama ini dpaat terwujud, harapannya pencapaian SDGs negara berkembang dapat lebih baik.

Retno menambahkan, Cina juga berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama ekonomi hijau. Antara lain melalui pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara.

“Presiden Xi juga menegaskan komitmen untuk meningkatkan impor produk pertanian Indonesia,” tegasnya. 

Terakhir, Retno menyebut ada beberapa kesepakat yang lahir dari pertemuan itu. Berikut kesepakatan kedua negara usai pertemuan Jokowi dengan Perdana Menteri Cina (Premier) Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping di Beijing hari ini:

1. Pembaruan Nota Kesepahaman (MoU) Sinergi Poros Maritim Dunia dan Belt Road Initiative
2. MoU Kerja sama Pengembangan dan Penelitian Vaksin dan Genomika
3. MoU mengenai Pembangunan Hijau
4. Pengaturan Kerja Sama Kelautan
5. Protokol mengenai Ekspor Nanas Indonesia
6. Pengaturan Kerja Sama Pertukaran Informasi dan Penegakan Pelanggaran Kepabeanan
7. Rencana Aksi Kerja Sama Pengembangan Kapasitas Keamanan Siber dan Teknologi.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait