beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Bikin Lebih Nyenyak, Ini 4 Manfaat Baca Buku Sebelum Tidur

Alfian Muntahanatul Ulya,
18 November 2022 13.14.57 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bikin Lebih Nyenyak, Ini 4 Manfaat Baca Buku Sebelum Tidur
Image: Ilustrasi Membaca Buku Sebelum Tidur (Pexels)

Jakarta - Kalau kamu suka membaca buku, setidaknya kamu bakal tahu manfaat apa saja yang ditawarkan dari aktivitas ini.

Pertama, buku bisa membawamu ke tempat yang jauh ke dalam imajinasimu sendiri, mengajari berbagai hal baru, dan juga mengakses perspektif yang mungkin belum pernah kamu temui.

Bagi sebagian orang, membaca buku memang menyenangkan, apakah kamu termasuk? Jika iya, kamu perlu tahu hal ini. 

Melansir Healthline, membaca buku sebelum tidur ternyata punya manfaat tertentu, Urbanreaders. Paling nggak, aktivitas sederhana ini bisa membantumu bersantai saat persiapan menjelang tidur.

Lantas, bagaimana cara kerjanya? Ritual membaca buku sebelum tidur ini bekerja dengan cara meredakan tekanan emosional seseorang, sehingga meningkatkan kondisi pikiran yang lebih rileks dan damai.

Nggak hanya itu, beberapa studi juga coba menunjukkan manfaat khusus dari membaca buku sebelum tidur. Penasaran apa saja? Check this out!

1. Meredakan Stres

Kerap kali seseorang merasa kesulitan untuk memejamkan mata dan terlelap lantaran punya kekhawatiran dan tekanan emosional yang tak kunjung pergi.

Hal inilah yang kemudian membuat seseorang jadi terjaga semalaman. Jika kamu mengalami kondisi yang sama, cobalah membaca buku selama 30 menit untuk menghilangkan stres.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah studi online pada 2021 lewat media sosial melibatkan masing-masing 496 peserta dibagi jadi dua kelompok. Yakni tim pertama diminta untuk membaca buku sebelum tidur, sedangkan lainnya tidak.

Survei itu dilakukan seminggu, dan hasilnya menyebutkan bahwa 42 persen pembaca merasa kualitas tidur mereka membaik. Sebaliknya, dari tim yang nggak membaca buku, hanya melaporkan 28 persen peserta yang kualitas tidurnya lebih baik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait