Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Bioskop di Jakarta Segera Dibuka, Wagub DKI: Masih Dibahas

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bioskop di Jakarta Segera Dibuka, Wagub DKI: Masih Dibahas
Image: Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (arizapatria/Instagram)

Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan bioskop di Jakarta masih belum diizinkan beroperasi selama perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 hingga 13 September mendatang. 

Namun, Riza menyebut pihaknya kini sedang membahas dan mempertimbangkan hal tersebut.

"Bioskop sedang dipertimbangkan, sedang diskusi, sedang dibahas tetapi belum dibuka,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/9/2021).

Pembahasan ini juga dikatakan Riza terkait dengan penerapan protokol kesehatan selama bioskop beroperasi. Pemprov DKI Jakarta akan memastikan protokol kesehatan benar-benar bisa diterapkan secara bertanggung jawab oleh pengelola dan para pengunjung bioskop.

“Nanti kita cari waktu dan momen yang tepat (untuk buka bioskop), sebagaimana dulu pernah kita buka,” tutup Riza.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa bioskop akan kembali beroperasi mulai 14 September 2021. Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia, Djonny Syafruddin membenarkan dengan sejumlah catatan.

"Betul, tapi begini bioskop tidak sama dengan tempat hiburan lain yang hari ini diumumkan boleh beroperasi, maka besok langsung buka. Sementara kami butuh waktu," kata Djonny, dikutip Antara Jumat (10/9/2021).

1624859553-Ilustrasi-Bioskop.jpgSumber: Ilustrasi Bioskop. (Freepik/rawpixel)

Ia menjelaskan, pengusaha bioskop butuh waktu persiapan mengingat syarat masuk bioskop bertambah satu, yakni ‘menyaring’ calon penonton dengan aplikasi PeduliLindungi, sehingga pekerja bioskop harus mengetahui cara tersebut.

"Pertama, kami harus cek stok film apa saja yang siap tayang. Kedua, persiapan gedung dengan sarananya. Ketiga, tatacara memindai kode batang lewat aplikasi Peduli Lindungi," ucap Djonny.

Ia menyebut syarat ketiga mutlak karena harus dilaporkan ke pihak terkait. Terkait memfilter penonton dengan aplikasi Peduli Lindungi, Djonny tak masalah dan malah mendukung.

"Kami dukung karena bagaimanapun kesehatan dan keselamatan masyarakat adalah yang utama," tutur Djonny.

Namun, Djonny menegaskan rencana bioskop buka kembali pada 14 September 2021 belum dapat dipastikan terealisasi.

"Ini jangan dianggap 100 persen berlaku karena belum ada hitam di atas putih. Masih menunggu kepastian hingga 13 September 2021. Namun kami terus mempersiapkan diri," tutur Djonny.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait