beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Bisa Bikin Percaya Diri, Ini 5 Manfaat Hobi Olahraga Panahan

Rasya Azzahra,
27 April 2022 16.59.07 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bisa Bikin Percaya Diri, Ini 5 Manfaat Hobi Olahraga Panahan
Image: Ilustrasi olahraga panahan (Freepik/wirestock)

Jakarta – Panahan menjadi salah satu jenis olahraga yang dijadikan hobi oleh beberapa orang untuk mengisi waktu luang dan cukup menyenangkan karena tidak harus menghabiskan banyak energi, tetapi hanya berdiam diri di tempat sambil fokus melepas panahan.

Namun, bukan hanya sekadar kesenangan saja tetapi ada juga manfaat lain yang bisa didapatkan loh dari hobi panahan. Nah, kira-kira apa aja sih? Berikut penjelasannya!

1. Mengelola Emosi

1651053609-Mengelola-emosi-(Freepikrawpixel.com).jpegSumber: Mengelola emosi (Freepik/rawpixel.com)

Tidak hanya olahraga fisik saja, tetapi hobi panahan juga akan membantu kamu mengelola emosi loh. Hal tersebut bisa terjadi karena seorang pemanah harus tetap tenang dan akurat agar bisa tepat sasaran setelah melepas busur panah.

Karena itu, ketika memanah kamu membutuhkan kesabaran untuk memaksimalkan ketepatan sasaran panah.

2. Tingkatkan Kepercayaan Diri

1651053637-Meningkatkan-kepercayaan-diri-(Freepikwirestock).jpegSumber: ilustrasi panahan (Freepik/wirestock)

Jika kamu memiliki hobi panahan, aktivitas tersebut ternyata juga bisa meningkatkan kepercayaan diri loh. Karena ketika mengalahkan lawan lain, kamu harus percaya diri agar bisa tetap tenang dalam melepaskan busur panah.

Dengan kebiasaan tersebut, lambat laun tingkat kepercayaan diri dalam diri kamu akan terus bertambah dan membentuk karakter yang selalu optimis serta tidak gampang menyerah mengenai suatu hal.

3. Meningkatkan Fokus

1651053766-Lebih-supel-dan-rileks-(Freepikwirestock).jpegSumber: ilustrasi panahan (Freepik/wirestock)

Seperti diketahui, panahan bukan persoalan seberapa cepat kamu bisa menembak sasaran tetapi ketepatan. Nah, karena itu kamu perlu fokus terhadap tali busur yang dilepaskan dan tidak terdistraksi oleh lingkungan sekitar.

Selain itu, jika terus berkonsentrasi menjaga fokus maka hal tersebut akan membantu kehidupan kamu sehari-hari, terlebih saat ketika berada di bawah tekanan.

4. Meningkatkan Kekuatan Jari dan Tangan

1651053876-Meningkatkan-Kekuatan-Jari-dan-Tangan-(Freepikwirestock).jpegSumber: ilustrasi panahan (Freepik/wirestock)

Ketika memanah, tentu kamu harus memegang busur dengan kuat sambil menahan tali hingga waktu yang tepat untuk dilepaskan. Nah, jika kamu sering melakukannya maka hobi ini akan meningkatkan kekuatan jari dan tangan.

Kekuatan tangan dan jari yang sering dilatih tersebut juga membantu kamu untuk lebih fleksibel ketika membidik panahan.

5. Lebih Supel dan Rileks

1651053615-Meningkatkan-fokus-(Freepikwirestock).jpegSumber: ilustrasi panahan (Freepik/wirestock)

Manfaat lain dari hobi panahan juga akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih supel dan rileks. Karena ketika melakukan aktivitas memanah di tempat latihan, pasti kamu akan bertemu orang baru sehingga bisa bergaul bersama.

Selain supel, kamu juga bisa merasa rileks ketika melakukan hobi ini. Hal tersebut dikarenakan ketika kamu melepaskan anak panah dan melihatnya terbang mengenai target ada kepuasan yang dirasakan, sehingga jadi pereda stres yang baik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait