beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Bisnis Bodycare Menjanjikan, Ini Tips Memulainya

Kintan Lestari,
11 Juni 2021 14.35.26 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bisnis Bodycare Menjanjikan, Ini Tips Memulainya
Image: Body care. (Freepik/veronastudio)

Jakarta - Sekarang ini banyak orang yang memulai bisnis sendiri, contohnya bisnis kecantikan.

Bisnis di bidang kecantikan sendiri punya potensi luas. Misalnya seperti bisnis perawatan tubuh atau body care.

Salah satu yang fokus pada bisnis ini adalah brand asal Malang, Jinawi. Brand tersebut menjual berbagai produk body care dari bahan natural seperti sabun, shampoo, sampai essential oil.

Kepada Urbanasia, Owner Jinawi_ID, Aldian Giovano, berbagi kisah soal brand miliknya.

"Awalnya ponakan yang 4 bulan eksim. Udah pakai semua brand sabun bayi tapi nggak ada yang berhasil. Lalu saya, istri, dan kakak saya coba buat sabun sendiri, kita bikin sabun susu kambing, terus kita coba ke ponakan yang eksim ternyata berhasil," ujar Aldian dalam URwealth, Rabu (9/6/2021).

Disampaikan Aldian, nama Jinawi berasal dari sebuah ungkapan Jawa 'gemah ripah loh jinawi', yang artinya subur dan kaya tanahnya. 

"Kita percaya nature itu sudah cukup untuk menyediakan banyak hal untuk manusia. Kayak lihat orang zaman dulu belum kenal sama kosmetik sekarang, tapi mereka bisa punya kulit yang bagus dan hidup sehat. Kita cuma pengen mengembalikan spirit di situ lewat Jinawi," pungkasnya. 

Saat pertama membangun brand-nya, Aldian serta istri dan kakaknya langsung fokus berjualan secara online. 

"Kami membangun ini nggak keluar banyak, modalnya dikit banget. Jualannya dari awal kita langsung menyasar online. Kita bikin Instagram, terus manfaatkan market place yang ada. Kita dari awalnya emang konsepnya di online sih karena kita rasa itu adalah media yang sangat murah, efisien banget. Orang yang jauh bisa mengaksesnya, dan kita tinggal me-maintain dengan baik itu bisa jadi peluang yang menjanjikan," jelasnya.

Ditambah lagi, menurutnya bisnis bodycare juga menjanjikan. 

"Bisnis bodycare menjanjikan karena banyak yang menggunakan. Masyarakat juga sudah terbuka dengan produk lokal yang ada. Sekarang banyak yang memberikan ruang untuk produk lokal," pungkasnya.

Owner Jinawi itu juga memberikan beberapa tips bagi siapa pun yang ingin membangun bisnis.

"Dengan era digital apa-apa malah makin murah. Bikin online shop gratis dan bisa display itu semua di marketplace atau sosmed. Jadi harusnya terbantu sih dengan itu," katanya.

"Yang paling susah emang mulai ya, tapi begitu sudah mulai itu lebih gampang sebenarnya. Tapi yang penting bulatkan tekad dan niat dan nggak bisa setengah-setengah. Dan yang paling penting untuk mulai usaha itu kita harus positif dengan semua hal serta gak boleh banyak mengeluh," tutupnya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait