Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

BLT Rp 600 Ribu Mulai Cair, Cek Pencarian di cekbansos.kemensos.go.id

Nivita Saldyni,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
BLT Rp 600 Ribu Mulai Cair, Cek Pencarian di cekbansos.kemensos.go.id
Image: Ilustrasi bantuan langsung tunai (Dok. Kemensos RI).

Jakarta - Bantuan sosial (bansos) dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) periode Juli 2021 mulai dicairkan. Apakah kamu salah satu penerima BLT sebesar Rp 600 ribu dari Kementerian Sosial (Kemensos)? Cek statusmu di cekbansos.kemensos.go.id guys. 

Nah, BLT ini diberikan untuk 10 juta penerima. Adapun mereka yang menerima bantuan ini adalah golongan rumah tangga yang terdampak pandemi COVID-19 karena dinilai sulit memenuhi kebutuhan harian, khususnya kebutuhan pokok.

Menteri Sosial Tri Rismaharini pada Selasa (20/7/2021) lalu menyebut pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 15,1 triliun untuk BLT yang disalurkan lewat PT Pos Indonesia.

Adapun bantuan yang diberikan senilai Rp 300 ribu per bulan, namun karena rapel dua tahap maka bantuan yang diterima pada Juli sebesar Rp 600 ribu.

"Kemensos mencairkan bantuan sosial tunai untuk 10 juta KPM selama 2 bulan yakni Mei-Juni, yang cair pada Juli," kata Risma di Surabaya, Selasa (20/7/2021) lalu.

Nah, BLT yang diberikan pemerintah lewat Kemensos ini bisa dicek secara online loh. Berikut ini cara cek bansos Kemensos :

1. Buka situs cekbansos.kemensos.go.id
2. Pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan di kolom ada di situs tersebut
3. Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai dengan KTP
4. Masukkan kode captcha yang tertera dengan benar di kolom yang disediakan. Jika kode kurang jelas, klik "Refresh" untuk mendapatkan kode baru
5. Klik "Cari Data"
6. Jika nama kamu masuk dalam daftar, maka akan tampil pemberitahuan mengenai informasi penerima bansos tersebut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait